YOGA WARISAN HINDU

Swarahindu.com, Yoga adalah ajaran yang universal, dimana ajaran yang menembus batas tanpa lagi membedakan agama dan suku serta budaya yang dimiliki oleh orang tersebut. Selama ajaran tersebut memberikan pengaruh yang baik bagi setiap kehidupan maka itu akan diterimanya. Inilah ajaran Yoga yang sampai sekarang lagi buming di seantero jagat raya…

Namun ditengah bumingnya ajaran Yoga di seantero jagat raya, ada hal yang patut menjadi perhatian bagi kita bersama sebagai umat Hindu. Kenapa? ini yang menjadi pertanyan bagi kita sebagai umat Hindu. Adakah pertanyaan dalam diri pembaca yang penasaran dengan pertanyaan “kenapa” tersebut! Ini disebabkan masih banyaknya umat Hindu yang masih belum pahan akan ajaran Yoga. padahal dalam ajaran Agama Hindu, Yoga menjadi pondasi sangat penting dalam pembentukan karakter umat Hindu.

Menurut Pembimas Hindu D.I.Yogyakarta , Ida Bagus Wika Krishna dalam dalam dharma wacananya, Bahwa  pengertiaannya Yoga berasal dari urat kata Yuj yang artinya menghubungkan. Jadi Yoga adalah jalan untuk dapat menghubungkan diri atma dengan Brahman. Ajaran Yoga berkembang ribuan tahun yang lalu dan gerakkan ini disusun oleh Maha Rsi Patanjali dalam kitabnya Yoga Sutra Patanjali. Dimana sampai sekarang ajaran ini berkembang negara barat, dan sudah menjadi gaya hidup sehari – hari.

img_4335 img_4353 img_4363 img_4391

Dari hal tersebut maka hendaknya kita sebagai umat Hindu sadar bahwa yoga merupakan ajaran milik Hindu yang patut kita lestarikan besama. Apalagi kita sebagai pewaris Hindu.

Inilah yang menjadi penggerak Bimas Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta dalam  rangka memasyarakatkan  gerakan Yoga dilingkungan umat Hindu. Harapannya melalui kegiatan tersebut umat semakin meningkatkan spritualnya dan sradha bhaktinya kehadapan Hyang Widhi Wasa. Sesuai dengan tujuan Agama Hindu yang Jagadhita. Dari hal tersebut, kami mengajak pada umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta untuk terus ikut memasyarakatkan Yoga kepada umat Hindu, seperti yang telah diselenggarakan oleh Bimas Hindu D.I.yogyakarta di Gedung Santi Sasana dalam kegiatan Yoga Asanas Angkatan ke IV  pada minggu, 20 Nopember 2016 yang lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*