YOGA FOR JOGJA

Swarahindu.com, setelah umat Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta disibukan dengan berbagai kegiatan keagamaan dalam menyambut Tahun Baru Saka 1938/2016 Masehi yaitu Hari Raya Nyepi. Dimana Perayaan Hari Raya Nyepi masih terasa di hati umat Hindu D.I.Yogyakarta dan seluruh umat Hindu Nusantara. Untuk merefleksikan hal tersebut dari berbagai kegiatan yang sudah berjalan, Bimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta menyelenggarakan Yoga Asanas untuk para siswa – siswi Pasraman yang ada di D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan yoga pada diri anak – anak pasraman agar nantinya menjadi generasi yang cedas dan berbudi pekerti yang luhur.

IMG_9689 IMG_9822 IMG_9826 IMG_9849

Kegiatan Yoga Asanas diselenggarakan pada hari Minggu, 13 Maret 2016, peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah 100 orang peserta. Terdiri dari seluruh pasraman yang tersebar di wilayah D.I.Yogyakarta seperti pasrman Widya Dharma, Pasraman Padma buwana Saraswati, Pasraman Saraswati, Pasraman Widya Wiyata, Pasraman Widya Santi, Pasraman Satya Dharma, dan Pasraman Srigading. kegiatan dilaksanakan pada pagi hari sampai selesai dengan dipandu para instruktur – instruktur Yoga pimpinan dari bapak Suparman, S.Ag, dan Ibu Sri Murwati dkk.

IMG_9855 IMG_9905

Pada kesempatan itu juga hadir Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, beliau hadir memberikan Dharmawacana tentang manfaat dari gerakan yoga. Betapa penting yoga untuk dipelajari dan dipahami oleh umat Hindu, dalam ajaran agama Hindu ada 4 (empat) untuk mendekatkan diri pada Hyang Widhi Wasa. Jalan yang pertama adalah bhakti marga, karma marga, yoga marga dan jnana marga, dan keempat jalan tersebut umat hindu bebas untuk memilih dan menjalankan, ungkapnya.

Yoga merupakan ajaran yang universal, sesuai dengan asal katanya Yuj artinya menghubungkan, jadi yoga adalah jalan untuk dapat menghubungkan diri pada ciptaan_Nya (Hyang Kuasa). Bagi setiap orang yang mempelajari yoga jiwa dan hatinya menjadi tenang, damai, tentram dan aura wajah bercahaya, yang efeknya sangat positif bagi perkembangan otak dan kecerdasan bagi anak. Oleh sebab itu melalui kegiatan Yoga ini akan memberikan hal – hal yang positif pada anak – siswa pasraman ketika kegiatan yoga asanas pada sisya pasraman agama Hindu di gedung Santi Sasana, Banguntapan, Bantul.

Harapannya dengan pelaksanaan kegiatan Yoga Asanas Sisya pasraman Agama Hindu tersebut akan terbangun generasi penerus untuk mendalami ajaran Yoga. Sehingga nantinya akan muncul praktisi –praktisi Yoga baru yang akan memberikan ilmunya pada umat Hindu D.I.Yogyakarta. Ini sesuai dengan selogan Bimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta dalam memasyarakatkan gerakan Yoga yaitu Yoga for Jogja, Jogja for yoga. Jayalah Hindu….!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*