YAYASAN DHARMA GIRI KENCANA LAKSANAKAN KOORDINASI DAN EVALUASI TENTANG PENGELOLA PASRAMAN DI GUNUNGKIDUL

Gunungkidul-(SHD), Minggu, 8 Oktober 2017 Yayasan Dharma Giri Kencana dengan Pengelola Pasraman Kabupaten Gunungkidul berkumpul bersama dalam acara rapat koordinasi dan pembahasan program kerja pengurus yayasan Dharma Giri Kencana dan Pengelola Pasraman Kabupaten Gunungkidul yang bertempat di Pura Bhakti Widhi, Bendo, Gunungkidul . kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh pinandita Haryanto. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan ketua Yayasan Dharma Giri Kencana oleh bapak Purwanto M.Pd.H. jumlah peserta yang hadir dalam acara ini yaitu sejumlah 25 peserta yang masing-masing adalah pengurus yayasan Dharma Giri Kencana,serta perwakilan dari masing-masing pasraman yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Menurut ketua Yayasan Dharma Giri Kencana, bapak Purwanto M.Pd.H. yang dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu agar pasraman-pasraman yang ada di Gunungkidul tetap eksis, tetap berjalan dengan lancar. Seperti yang kita ketahui bahwa pasraman yang ada di Gunungkidul sendiri sejumlah 5 pasraman, yaitu pasraman widya santi, pasraman satya dharma, pasraman widya loka dan pasraman widya bhakti.

Dalam acara musyawarah, perwakilan dari masing-masing pasraman mengutarakan masalah-masalah yang ada di masing-masing pura, serta memberikan masukan terkait dengan keadaan pasraman. Secara garis besarnya usulan dari tiap-tiap pengelola pasraman yaitu agar pasraman yang ada di Gunungkidul yang belum mendapatkan ijin operasional segera bisa mendapatkan ijin operasional.

Setelah beberapa jam melukan diskusi bersama akhirnya membuahkan suatu keputusan bersama diantaranya yaitu :

  • Pasraman-pasraman Gunungkidul akan mendaftarkan ijin operasional ke Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI dengan payung hukum yayasan Dharma Giri Kencana Gunungkidul.
  • Persyaratan administrasi akan segera dilengkapi dengan batas waktu sampai minggu ke-4 bulan Oktober 2017.
  • Bantuan beasiswa DP.OTA akan dikelola dengan baik agar tersalurkan ke siswa. Harapannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pasraman yang ada di Gunungkidul.
  • Pengelolaan beasiswa DP.OTA akan melibatkan Lembaga Pemberdayaan Umat Gunungkidul.
  • Pasraman-pasraman yang ada di Gunungkidul diharapkan untuk terus konsisten melaksanakan kegiatannya minimal setiap hari minggu.
  • SK pengelola dikeluarkan yayasan setelah diperbaharui dari masing-masing pengelola.

Harapannya, semua pasraman-pasraman yang ada di Gunungkidul bisa mendapatkan ijin operasional pasraman. Selain itu, diharapkan masing-masing pasraman bisa terus menjaga eksistensi kegiatan pasraman.(Rahayu**).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*