UPANAYANA MAHASISWA HINDU SE- D.I.YOGYAKARTA

Bantul, Selasa 27 Oktober 2015 seluruh mahasiswa Hindu di D.I.Yogyakarta berkumpul di Pura Vaikunta Viyomantara. Pura tersebut berada dilokasi komplek angkatan udara Adi Sucipto, Yogyakarta. Mereka hadir untuk mengikuti kegiatan upacara Upanayana Mahasiswa Hindu se – D.I.Yogyakarta, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta yang bekerja sama dengan KMHDI dan Peradah D.I.Yogyakarta. Yang mana pesertanya berjumlah 500 orang peserta terdiri dari mahasiswa – mahasiswa yang berasal dari kampus – kampus yang ada di Yogyakarta, seperti kampus UGM, Respati, Surya Global, dan organisasi KMHDI, KMHD kampus dan Peradah D.I.Yogyakarta. Acara tersebut dimulai pada pukul 17.30 Wib sampai selesai. Kegiatan upacara Upanayana yang dilaksanakan di pura Vaikunta Viyomantara komplek Angkatan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta bertujuan untuk memberikan pembekalan pada mahasiswa baru yang menuju jenjang Brahmacari yaitu jenjang untuk mencari ilmu pengetahuan. Untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan memohon restu dari Sang Hyang Widhi melalui manifestasi Dewi Saraswati maka seorang Brahmacari dalam hal ini mahasiswa harus melakukan upacara terlebih dahulu yaitu dengan melaksanakan upacara Upanayana. Upacara ini juga untuk menjalin rasa kekeluargaan antar mahasiswa Hindu yang ada di Yogyakarta, meningkatkan rasa persatuan kesatuan antar pemuda Hindu, meningkatkan kerjasama dan komunikasi antar mahasiswa Hindu.

IMG_9785 IMG_9822 IMG_9934 IMG_9894

Pada Hari itu pula hadir bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si selaku Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta, PHDI D.I.Yogyakarta yang diwakili oleh bapak I wayan Sumerta, M.T, PHDI kabupaten dan Kota, serta seluruh tokoh agama Hindu D.I.Yogyakarta. isian acara kegiatan upacara Upanayana Mahasiswa Hindu diawali dengan laporan oleh ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan upacara upanayana yang dilaksanakan di pura Vaikunta Viyomantara di komplek Angkatan Udara Adi Sucipto merupakan kegiatan yang penyelenggaranya dari KMHDI dan Peradah D.I.Yogyakarta yang berkerjasama dengan Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta. Upacara Upanayana terebut akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, ketika mahasiswa – mahasiswa Hindu yang akan mengenyang pendidikannya di D.I.Yogyakarta. kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna S.Ag, M.Si. Dalam sambutanya beliau berpesan kepada pemuda Hindu sebagai generasi penerus yang nantinya akan meneruskan perjuangan para seniornya supaya tetap selalu meningkatkan Sradha dan Bhaktinya, dan selalu memegang teguh agama Hindu, jangan mudah terpengaruh oleh kehidupan yang melanggar ajaran agama Hindu. Serta teruslah berjuang raihlah cita-citanya selama menjalani pendidikan di D.I.Yogyakarta. itu yang menjadi harapan dari beliau ketika memberikan sambutan pada acara upacara Upanayana di pura Vaikunta Viyomantara.

IMG_9988 IMG_9996 IMG_9942 IMG_9948

Dalam pelaksanaan upacara tersebut juga dilakukan pemasangan alang – alang dan tridatu setelah seluruh peserta melaksanakan ritual pesembahyangan. Pemasangan alang – alang dan benang tridatu kepada para mahasiswa secara simbolis adalah bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, di damping oleh I Wayan Sumerta, M.T, dan tokoh Hindu yang hadir pada saat itu. Pemasangan ini sebagai bukti bahwa seorang mahasiswa yang ikut upacara upanayana sudah bisa menjalankan kehidupan Brahmacari yaitu jalan untuk menempuh pendidikan dikampusnya masing – masing.

IMG_0107 IMG_0129

Di puncak kegiatan upacara Upanayana, mahasiswa dihibur dengan tarian joget bumbung dimana semua penari dan penabuhnya dari mahasiswa. Acara tersebut berlangsung sangat meriah dan ramai. Hiburan joget bumbung ini bertujuan untuk melekatkan persaudaraan diantara mahasiswa yang sedang menjali pendidikan di Yogyakarta dan menjalin komunikasi diantara mahasiswa Hindu, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan mahasiswa Hindu yang ada dikampus – kampus di Yogyakarta.

Semoga melalui kegiatan semacam ini persatuan dan kesatuan mahasiswa Hindu dapat terus meningkat, dan membawa nama baik dan harum di daerah masing – masing ketika mereka selesai mengenyang pendidikan di Yogyakarta. Jayalah Hindu……

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*