UPACARA TILEM DI PURA BHAKTI DHARMA

Gunungkidul-(SHD), Selasa, 16 Januari 2018 umat Hindu di Pura Bhakti Dharma berbondong-bondong pergi ke pura untuk melaksanakan persembahyangan Tilem. Persembahyangan kali ini terasa berbeda karena diiringi dengan hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul. Namun hal itu tidak menyurutkan niat dan juga semangat umat hindu untuk melaksanakan persembahyangan tersebut. Terlihat dengan sangat jelas bagimana sesepuh-sesepuh di Pura Bhakti Dharma begitu tulus untuk melaksanakan baktinya dimalam Tilem tersebut.

Persembahyangan dimulai pukul 20.00 WIB yang diawali dengan melantunkan kidung-kidung suci bersama. Sekitar 15 orang hadir untuk mengikuti persembahyangan tersebut. Persembahyagan dipimpin oleh Wasi Sri Widodo. Seluruh umat mengikuti persembahyangan dengan khidmat.

Setelah persembahyang selesai dilanjutkan dengan Dharma wacana dari tim dharma Tula di Kabupaten Gunungkidul. Dalam kesempatan ini, disampaikan kepada seluruh umat Hindu di Pura Bhakti Dharma tentang kegiatan-kegiatan Nyepi di Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga disampaikan tentang pentingnya beryadnya. Yadnya yang dipersembahkan senantiasa harus dilandasi dengan rasa ketulusan,tanpa adanya ikatan keterpaksaan. Tidak hanya itu saja, tim dharma tula juga mengapresiasi kepada umat hindu di Pura Bhakti Dharma, bahwasannya umat hindu yang notabennya adalah para orang tua,namun semangat yang mereka tunjukkan sangat laur biasa. Ini yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat hindu.

Kebersamaan di pura Bhakti Dharma tidak hanya sampai disini saja, usai melaksanakan dharma tula, kami semua duduk melingkar dan menikmati prasadam. Tampak sekali kebahagiaan diantara kita. Semoga semangat seperti ini dapat terus terjaga dan menjadi contoh untuk umat-umat yang lain.(Rahayu**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*