UPACARA PIODALAN PURA WIDYA DHARMA

Sleman, Rabu, 6 Mei 2015, umat Hindu di Kabupaten Sleman mengadakan upacara piodalan di pura Widya Dharma, Dero , Wedomartania Ngemplak Sleman. Piodalan merupakan memperingati hari lahirnya pura Widya Dharma, dengan menstanakan Dewa dan Betara, dan para leluhur pura yang telah membangun pura Widya Dharma. Kegiatan upacara piodalan tersebut merupakan kegiatan rutin, setiap 6 bulan sekali dan pada piodalan pura Widya Dharma berbarengan dengan hari Raya Pagerwesi yang jatuh pada hari Rabu Kliwon wuku Sinta. Hari ini dirayakan untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru (Tuhan sebagai guru alam semesta). Hari ini dirayakan mengandung filosofis sebagai simbol keteguhan iman, Pagerwesi berasal dari kata Pager yang berarti pagar atau pelindung, dan Wesi yang berarti besi. Pagar Besi ini memiliki makna suatu sikap keteguhan dari iman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia, sebab tanpa ilmu pengetahuan kehidupan manusia akan mengalami kegelapan (Awidya).

1a (2) 1a (3)

Pelaksanaan upacara piodalan di Pura Widya Dharma sebagai ketua pelaksananya adalah Mayor I Komang Kusuma. Acara pada malam tersebut diawali dengan mecaru selanjutnya Sambutan – sambutan, dharma wacana dimana sebagai pendharma wacana pada piodalan tersebut adalah Bapak Budi Raharjo, pembacaan Sloka. Kemudian yang muput karya pada upacara piodalan dipura Widya Dharma adalah Pinandhita Poniman. Dilanjutkan dengan ngaturan banten, tari rejang dan tari sida karya, ngayab sesayut, biokawon, durmenggala, prayascita, sembahyang bersama dan terakhir dengan nunas tirta wangsuh pada.

Pada perayaan piodalan tersebut juga berbarengan dengan hari jadi kota Sleman yang ke – 99. Dimana hadir dari pemerintah kab. Sleman, dari Biro Kesra bapak Gunawan, pemerintah desa Wedomartani. Selanjutnya hadir pula dari Bimas Hindu kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta dalam acara piodalan tersebut.

Harapan dalam pelaksanaan piodalan dipura Widya Dharma di Ndero, Wedomartani, Sleman, semoga umat Hindu di Sleman khususnya dan D.I.Yogyakarta dapat meningkatkan Sradha dan Bhaktinya kepada Hyang Widhi Wasa serta diberikan kedamaian dan kejayaan…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*