UMAT HINDU YOGYAKARTA & KLATEN IKUTI MELASTI DI PANTAI PARANGKUSUMO

Bantul-(SHD), Minggu 11 Maret 2018,  umat Hindu di Yogyakarta di Yogyakarta mengkuti proses upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Parangtritis Kretek Bantul, Upacara tersebut diikuti oleh ribuan umat Hindu yang berasal dari Yogyakarta maupun  umat Hindu yang berasal dari Kabupaten Klaten.

Upacara tersebut diyakini  sebagai momemtum untuk membersihkan kotoran dalam tubuh dan pikiran manusia. Karena banyak perilaku menusia tanpa disadari sudah melukai hati orang lain. Oleh karena itu Melasti merupakan waktu tepat untuk membersihkan diri dari segala bentuk kotoran.

Dijelaskan,  bahwa dalam hidup ini ada sejumlah kotoran dalam tubuh manusia, yakni kotoran batin dan kotoran dalam berperilaku. Oleh karena itu  dalam konteks ini kotoran batin berada dalam pikiran kita. “Termasuk perilaku kita, pemikiran yang tidak bijaksana,” jelasnya.

Sehingga tidak ada pilihan lain, segala bentuk kotoran itu harus dihanyutkan ke laut.  Menurut I Komang Kusuma selaku panitia  mengatakan, bahwa sikap ingkar janji dengan orang lain juga termasuk kotoran dalam diri seseorang.  Bahkan perilaku yang membuat orang lain terlukapun sudah saatnya dilarung ke laut saat ini juga.

Dijelaskan, dalam Melasti Tahun Saka 1940 ini mengambil tema ‘Kerukukan dan Persaudaraan Sejati’. Tema  tersebut sebagai implementasi hubungan harmonis manusia dengan manusia.   Selain itu juga hubungan  manusia dengan tuhan  serta  manusia dengan alam.

Hadir dalam upacara melasti Pembimas Hindu Yogyakarta  Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, PHDI Yogyakarta Ida Bagus Agung , MT,  PHDI Kota dan Kabupaten se- D.I.Yogyakarta serta lembaga keagamaan Hindu yang turut mensukseskan acara tersebut.

Diakhir upacara melasti umat Hindu melakukan larung sesaji ke samudra, diiringi dengan  jempana, pratima dan sarana upakara yang lainnya serta umat Hindu untuk melakukan pembersihan. (HR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*