UMAT HINDU SAPTOSARI BERYOGA RIA

Swarahindu.com, Yoga Asanas merupakan kegiatan yang selama ini sudah berjalan di wilayah D.I.Yogyakarta. kegiatan tersebut untuk memasyarakatkan gerakan – gerakan Yoga kepada umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta. Pada hari Minggu, 10 April 2016, Bimas Hindu melaksanakan kegiatan Yoga Asanas. Kegiatan Yoga Asanas kali ini mengambil lokasi di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

Pesarta yang ikut dalam kegiatan Yoga Asanas adalah 100 orang peserta yang terdiri dari anak – anak, remaja, ibu, bapak. Yoga asanas yang dilaksanakan mengambil gerakan seperti gerakan pemanasan, suryanamaskar dan pendinginan dilanjutkan semadhi dan dharma wacana. Intrukstur pada kegiatan yoga asana adalah Suparman, S.Ag, Sri Murwati dan Sri Purwati, S.Ag. Tujuan kegiatan Yoga Asanas adalah memasyarakatkan yoga pada umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta. oleh sebab itu Bimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta terus melakukan sosialisasi tentang gerakan Yoga pada masyarakat khususnya umat Hindu khususnya di wilayah Saptosari, Gunungkidul.

IMG_1921 IMG_2139

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si selaku Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta Ida, dan perangkat desa setempat. Dalam dharma wacana beliau memaparkan tentang yoga yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Terutama pada pranayama atau gerakan nafas, sebab nafas sangat penting bagi setiap mahkluk hidup.

Dalam agama Hindu mengenal jalan untuk dapat mendekatkan diri dengan Hyang Widhi, yaitu ada empat jalan diantaranya bhakti marga, karma marga, yoga marga dan jnana marga. Keempat marga ini diberikan kebebasan kepada umat Hindu untuk memilih, mana yang menurutnya lebih baik untuk melaksanakannya. Pada kesempatan itu beliau berpesan kepada umat Hindu yang ada di Saptosari agar selalu mempratekkan gerakkan yoga dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi di daerah tersebut sudah mempunyai calon – calon instruktur muda seperti Andi Prasetyo, Dwi Harjanti, Ayuk dan Sutarman. harapanna mereka dapat memberikan pengetahuan tentang Yoga pada umat Hindu yang ada di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Sehingga umat Hindu yang ada di daerah tersebut menjadi sehat baik jasmani dan rohaninya.. Astungkara….!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*