UMAT HINDU LAKSANAKAN UPACARA GIRIKERTI DI KALI URANG

Sleman(SHD) Minggu, 3 Februari 2019, umat Hindu Yogyakarta mengikuti upacara Girikerti yang dilaksanakan oleh Panitia Nyepi D.I Yogyakarta bekerja sama dengan Bimas Hindu Yogyakarta. Kegiatan tersebut diawali dengan kirab dengan berjalan kaki dari Telaga Putri menuju Taman Wisata Kaliurang, Sleman. Prosesi kirab diikuti oleh rombongan wasi, sasaji, bergodo, dewata nawasanga, bleganjur dan urutan terakhir umat Hindu. Lebih dari 500 orang umat Hindu turut serta dalam acara kirab tersebut.


Dalam acara Upacara Girikerti hadir Pembimas Hindu DIY Dra. Mugiyani, M.Pd.H, camat pakem, direktur PT. Dian Internasional, PHDI DIY, PHDI Kabupaten dan Kota serta Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu yang ikut mensukseskan kegiatan tersebut.


Menurut ketua panitia penyelenggara kegiatan upacara Girikerti merupakan kegiatan setahun sekali ketika menyambut hari raya nyepi tahun baru saka, dan biasanya umat Hindu melaksanakan kegiatan tersebut di Pendopo Mbah Marijan, namun karena kondisi gurung merapi pada level waspada maka acara kegiatan Upacara Girikerti mengambil lokasi di Taman Wisata Kaliurang. Kegiatan tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kecamatan Pakem dan Direktur PT. Dian Internasional untuk terus menjalin kerjasama dalam hal destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman.


Dalam sambutannya Pembimas Hindu DIY, mengharap umat Hindu selalu menjaga keharmonisan alam dan keseimbangan alam sesuai dengan ajaran agama Hindu yaitu Tri Hita Karana agar tujuan dari upacara Girikerti yang sudah dilaksanakan membawa pengaruh positif bagi umat Hindu dan masyarakat yang ada di wilayah D.I Yogyakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*