UMAT HINDU KALASAN LAKSANAKAN UPACARA PITRA YADNYA

Sleman-(SHD), Memasuki bulan Ruwah (bulan Jawa) yang identik dengan kata arwah, masyarakat jawa beranggapan bulan itu adalah  bulan khusus untuk mengingat atau membakti pada para leluhur. Sehubungan dengan itu maka masyarakat hindu jawa mengadakan upacara pitra yadnya dengan tujuan untuk membakti, mengenang, megucapkan terimakasih, dan mendoakan arwah para leluhur yang telah meninggal.

Dengan berbagai sarana dan prasarana upakara ataupun upacara  umat hindu jawa melakanakan upacara pitra yadnya. Seperti pada Jumat 5 mei 2017 bertempat di Bolo, Selomartani Kalasan Sleman. Kemudian di lanjutkan di Soman Selomartani Kalasan Sleman. Upacara ini di mulai pukul 18.00. Berbagai sarana upakara yang di haturkan seperti Nasi Uduk/ nasi gurih sebagai persembahan kepada Hyang Widi Wasa, ketan kolak apem  kinang  udud dan teh cemceman sebagai persembahan untuk Leluhur (pitra yadnya). Serta buah-buahan dan jajan sebagai sajian kepada manusia yadnya. Tidak lupa juga persembahan untuk Rsi yadnya.

Persembahyangan ini dihadiri umat hindu kalasan. upacara tersebut dilaksanakan secara bergantian dari salah satu umat Hindu ke umat yang lain dengan hari yang di tentukan. Ini sudah menjadi kegiatan wajib di bulan Ruwah.(Ika W**).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*