UMAT HINDU DIY & JATENG MERIAHKAN YOGA MASAL PRAMBANAN

Swarahindu.com, Dalam rangkaian kegiatan perayaan hari raya Nyepi tahun saka 1939 , panitia hari raya Nyepi bekerja sama dengan Bimas Hindu  Kanwil Kemenag Propinsi Daerah  Istimewa Yogyakarta mengadakan kegiatan Yoga  Massal pada hari minggu 5 Februari 2017 yang bertempat di plataran candi prambanan dengan dikuti oleh umat Hindu D.I.Yogyakarta, Jawa Tengah. Kegiatan yoga massal  ini dimulai pada pagi hari pukul 06.00 wib dengan keadaan cuaca yang cerah sehingga sangat mendukung kenyamanan dalam melakukan yoga tersebut.

Sebelum kegiatan yoga dilaksanakan, acara ini di dahului dengan sambutan –  sambutan perwakilan dari PT. Taman Candi prambanan dan Borobudur, dan Kepala BPCB D.I.Yogyakarta,  yang intinya keduanya menyambut positif tentang pelaksanaan Yoga di Candi Prambanan.

Selesai sambutan dilanjutkan  kegiatan yoga asanas ini dipandu atau diinstrukturi oleh tiga orang instruktur yang sudah sangat berpengalaman yaitu bapak suparman, ibu Sri Murwati, dan bapak  Budi Sanyoto. Ketiganya memiliki jatah memimpin sendiri sendiri, Bapak Budi Sanyoto yang  memimpin Doa Yoga Asanas, ibu Sri Murwati mengajarkan gerakan pemanasan tubuh dan rangkaian gerakan Surya Namaskar, kemudian bapak Suparman mengajarkan gerakan yoga yang lengkap. Relaksasi di pandu oleh bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag.  Untuk melakukan Yoga Asanas peserta terlebih dahulu melantunkan doa Yoga Asanas. Doa tersebut terdiri dari tiga mantram pertama mantram gayatri, kedua mantam Mahamretyunjaya kemudian yang ketiga yaitu mretyunjaya masing masing dilantunkan satu kali dengan pemusatan pikiran  agar mendapat manfaat dalam melakukan kegiatan yoga. Untuk doa penutup Yoga Asanas menggunakan Doa Loka samasta agar semua makhluk mendapatkan kebahagiaan.

Kegiatan yoga Asanas ini ternyata juga diminati oleh penganut agama lain bahkan yang hadir di acara  tersebut  terdapat pula turis asing yang turut serta dalam yoga. Khalayak umum kelihatan sangat menikmati gerakan gerakan yoga dilihat dari pancaran muka mereka sangat bahagia bahkan kalau jenis fose yoga yang sulit mereka juga mempraktekan, mereka pun ketawa apabila tidak dapat melakukan fose yoga yang sulit tersebut. Dari sini jelas mereka sangat menyukai acara ini.

Acara yang bagus seperti ini alangkah baiknya jika tidak hanya dilakukan hanya pas ada acara hari raya Nyepi saja. Tetapi diadakan secara rutin dengan berpindah pindah tempat agar semua orang merasakan manfaat dari yoga ini dan mengerti tentang yoga. Sebab yoga memberikan manfaat yang luar biasa bagi orang yang rutin mempraktekkannya. (wid**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*