UMAT HINDU DI KAB. GUNUNGKIDUL MENGGALI KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PELESTARIAN BUDAYA KEAGAMAAN HINDU

Gunungkidul(SHD), Sungguh menarik ketika melihat keumatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Sebab setiap melaksanakan kegiatan keagamaan Hindu, umat Hindunya akan selalu mengenakan pakain Jawanya. Mereka memakai pakai Jawa sebagai indentitas orang Hindu yang hidup dan tinggal di Tanah Jawa. Seperti dalam kegiatan Pembinaan Lembaga Agama dan Keagamaan yang dilaksanakan di Desa Beji, Ngawen, Kab. Gunungkidul, Selasa 5/2/2019. Mereka akan mengenakan pakaian adat Jawa ketika mengikuti kegiatan keagamaan Hindu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pembimas Hindu DIY Dra. Mugiyani, M.Pd.H untuk membuka dan memberikan materi dalam acara pembinaan lembaga agama dan keagamaan Hindu itu. Beliau menyampaikan tentang pentingnya menggali kearifan lokal dalam bentuk pelestarian budaya keagamaan Hindu. Sebab Gunungkidul dalam melaksanakan kegiatan keagamaan selalu mengkemas ritualnya dengan budaya dan adat istiada yang terdapat di wilayah.

Dari hal itu Pembimas Hindu mengharap agar umat Hindu di Kabupaten Gunungkidul selalu mejaga, melestarikan dan menampilkan budaya lokal tersebut dalam setiap event keagamaan. Karena budaya tersebut bisa menjadi kebanggaan dan indentitas diri sebagai umat Hindu yang hidup dan tinggal di Tanah Jawa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*