Rumus V=K+A

Pernahkah kita menemukan rumus diatas? Apapun jawaban pembaca sekalian… Pasti benar… Namun saya akan uraikan agar apa yang ingin saya sampaikan bisa lebih jelas maksudnya….
V = Victory atau kemenangan
K= Krishna atau Yang Maha Menarik atau Sang Penyabda Bhagawad Gita, Bhagawan.
A= Arjuna, Kawan Krishna, yang menerima sabda Bhagawan atau Bhagawad Gita langsung sekitar 50 abad yang lalu di medan perang Kuruksetra.
Sebelum terlalu jauh, mari kita lihat pertanyaan Maharaja Dhrtarastra kepada Sanjaya yaitu apa yg dilakukan oleh putera puteranya dan putera Pandu setelah berkumpul di medan perang dengan keinginan untuk bertempur?
Medan perang identik dengan kekerasan, kemarahan, kelicikan, taktik dan banyak lagi yang lain… Pendeknya… Kesengsaraan.
Dan jawaban atas pertanyaan Maharaja Dhrtatastra di jawab oleh Sanjaya pada bagian akhir Bhagawad Gita yakni dimanapun ada Krishna, ahli kebatinan yang paling utama, dimanapun ada Arjuna, pemanah yang paling hebat, disana akan ada kekayaan, kemenangan, kekuatan yang luar biasa dan moralitas. Ini jawaban Sanjaya, seorang sekretaris Raja Dhrtarastra, sekaligus juga putra Widura yang agung, juga murid atau sisya dari Sri Wyasa Dewa, penyusun Wedanta
Bhagawad Gita merupakan hakekat pengetahuan Weda, yang juga merupakan Sruti, dimana di sabdakan oleh Krishna di medan Perang Kuruksetra kepada Arjuna, murid-Nya… Dan Bhagawad Gita juga merupakan Smerti karena sebagai bagian dari Mahabharata, di bagian Bhisma Parwa, dimana Kakek Bhisma, Leluhur Agung Hastinapura memberikan nasehatnya sesaat sebelum berpulang kepada Para Pandawa.
Singkat kata, untuk bisa sukses dalam hidup, mari kita lebih tekun dan serius serta dengan kerendahan hati mempelajari dan mengikuti ajaran Bhagawad gita dalam kehidupan sehari hari. Om tat sat

  • Penulis: Gede Suardana, S.Ag
  • PNS Penyuluh Agama Hindu D.I.Yogyakarta

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*