RIBUAN UMAT HINDU YOGYAKARTA IKUTI MELASTI DI PANTAI NGOBARAN

Gunungkidul-(SHD), Kamis 1 Maret 2018, umat Hindu dari berbagai daerah di Yogyakarta maupun dari Jawa Tengah, mengikuti upacara Melasti di kompleks Pura Segara Wukir, Pantai Ngobaran, Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul.

Upacara melasti merupakan rangkaian upacara untuk menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1940/ 2018 masehi,  yang akan dirayakan 17 Maret 2018 mendatang.

Menurut PHDI Kab. Gunungkidul bapak purwanto, puncak acara melasti yang digelar yakni prosesi labuhan atau larungan berbagai macam sesaji ke laut selatan. acara melasti diawali dengan kirab berbagai macam sesaji dan pura mini yang disebut pratima.

“Pratima yang dibawa merupakan perwakilan 15 pura di Gunungkidul,” imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan, larungan atau labuhan sesaji dilaksanakan sebagai bentuk pensucian diri atau buana alit dan pensucian alam semesta atau buana agung.

Prosesi tersebut bermakna untuk mengendalikan enam sifat buruk manusia diantaranya; kama atau nafsu biologis, rakus, kemarahan, mahda atau kemabukan kebingunan dan sikap iri hati.

Upacara melasti yang dilaksanakan sejak pagi hingga menjelang sore tersebut dihadiri seluruh pemuka agama. Pembimas Hindu Yogyakarta, dan Wakil Bupati Gunungkidul bapak Immawan Wahyudi. Dalam kesempatan tersebut beliau mengatakan dalam sambutan bupati gunungkidul bahwa  momentum  upacara melasti dapat dijadikan untuk mempererat kerukunan antar umat beragama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*