RATUSAN UMAT HINDU GUNUNGKIDUL IKUTI UPACARA WANAKERTI

Gunungkidul-(SHD), Minggu 18 Februari 2018,  Ratusan umat Hindu kabupaten Gunungkidul  menggelar upacara Wanakerti di Hutan Adat Wonosadi, Ngawen, Gunungkidul. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pemeluk agama lainnya yang ada di Gunungkidul.

Upacara Wanakerti sendiri merupakan rangkaian sembahyang yang dilakukan oleh umat Hindu sebelum merayakan Nyepi yang akan berlangsung pada bulan Maret mendatang.  Upacara tersebut,  menggambarkan hubungan  antara manusia dengan alam. Yang mana  manusia sebagai makhluk yang selayaknya melestarikan lingkungan yang sudah memberikan energi positif untuk berlangsungnya hidup sehingga upacara Wanakerti dilaksanakan rutin disetiap tahunnya.

Pada kegiatan upacara wanakerti hadir pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul dari Dinas Kebudayaan bapak Agus Mantara, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, PHDI D.I.Yogyakarta, Pemerintah Kecamatan Ngawen, Lurah Desa Beji dan jajarannya.

Dalam acara seremoni kegiatan wanakerti dilaksanakan pelepasan burung dan peletakan batu untuk pembangunan sendang patirtan di hutan wonosadi yang diikuti oleh umat Hindu, pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul, Pembimas Hindu Yogyakarta, PHDI Yogyakarta, PHDI Kabupaten Gununkidul, pemerintah desa Beji. Dimana tujuan pembangunan sendang patirtan tersebut, nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang berada di desa Beji.

Diakhir upacara wanakerti, panitia  melaksanakan ritual gerebek Gunungan, dimana ritual gerebek dipimpin oleh pinandhita Supardyo didampingi Pembimas Hindu Yogyakarta, dan PHDI  Kabupaten Gunungkidul dan panitia pelaksana kegiatan wanakerti. Ritual gerebek gunungan sebagai acara yang ditunggu – tunggu umat Hindu untuk  memohon berkah. Agar hasil tani yang ditanam akan menghasilkan yang berlimpah, menurut kepercayaan mereka ketika mengalap dari gerebek gunungan pada upacara wanakerti. Semoga demikian yang diyakininya… Astungkara……….

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*