Rasa Kebersamaan Warnai Persiapan Peringatan Perang Banjar, Buleleng.

Banjar (19 September 2019) Persiapan peringatan 151 tahun perang Banjar, Buleleng tengah terus dipersiapkan oleh seluruh panitia. Antusiasme warga demikian terasa ketika mulai memasuki wilayah Dusun Melanting, Desa Banjar. Umbul-umbul dan bendera merah putih mewarnai sisi jalan, utama Desa Banjar. Ketika masuk ke jaba tengah Griya Gede Banjar, tampak beberapa generasi muda bersama para sesepuh sedang mendekorasi tempat acara. Memasuki jeroan Griya, tampak para wanita sedang mempersiapkan kebutuhan konsumsi.

Tampak sekali semangat dan rasa kebersamaan mereka dalam mempersiapkan acara peringatan yang pertama tersebut. Menurut keterangan Desak Kade Sariasih; banyak sekali sumbangan secara sukarela dari warga sesuai dengan kemampuannya. Ada sumbangan telor, minyak goreng, kue, uang semampunya dan banyak lagi lainnya. Semua diterima dengan baik, dan tentu saja itu sebagai tanda bahwa mereka merasa memiliki mengingat kegiatan ini memang swadaya dari masyarakat.

I.B Warsa Gunanta dan I.B Arjawa menerangkan bahwa persiapan dekorasi dan perlengkapan untuk kebutuhan acara sudah siap 90 persen. Dominasi warna merah putih yang menghiasi desa dan pelataran Griya Gede Banjar memang dirancang untuk membangkitkan nasionalisme, secara khusus pada generasi muda.

Panitia benar-benar totalitas mempersiapkan acara ini dan siap menyambut kedatangan para tamu yang diperkirakan hingga 500 orang. Kehadiran pusaka-pusaka perang Banjar, menjadi daya tarik sendiri bagi warga sekitar. Besok hari jumat, 20 Sepetember 2019, jam 19.00 panitia akan berusaha menyambut tamu sebaik-baiknya.

Leluhur kita berperang saja siap, apalagi kita hanya mempersiapkan peringatan. Demikian seloroh panitia yang sedang berkumpul. (WKSHD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*