PULUHAN RIBU UMAT HINDU IKUTI TAWUR KESANGA CANDI PRAMBANAN

Prambanan-(SHD), Senin 27 Maret 2017, Puluhan ribu umat Hindu melaksanakan upacara tawur kesanga Candi Prambanan. pelaksanaan upacara tersebut dihadiri oleh umat Hindu Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Jakarta. Mereka ingin mengikuti upacara tersebut dimana upacara tersebut dilaksanakan satu tahun sekali yaitu ketika akan dilaksanakannya upacara tawur di candi Prambanan.

Untuk upacara tawur kesanga di tahun 2017 ini,  panitia penyelenggaranya adalah dari D.I.Yogyakarta. Areal yang digunakan dalam upacara tersebut di areal Brahma sebelah selatan Candi Prambanan.

Pelaksanaan upacara tawur kesanga di Candi Prambanan untuk tahun ini, dihadiri oleh Menteri Agama RI bapak Lukman Hakim Saifudin, Wakil Gubernur D.I.Yogyakarta, Kakanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, PHDI Pusat, PHDI D.I.Yogyakarta, PHDI Jawa Tengah, dan seluruh tamu undangan yang diundang.

Upacara tawur kesanga dipimpin oleh 3 sulinggi yang disebut tri sadaka, yaitu Ida Pedande Duaja, Romo Pujo Brata Jati, Pendande Budha Sugata. Dibantu oleh para wasi/pinandhita dan sarathi dalam melaksanakan prosesi ritual tersebut.

Rangkaian upacara tersebut dimulai dari pukul 06.00 wib pagi, panitia melaksanakan upacara mendak tirta dari Candi Tri Murti (Brahma, Siwa, Wisnu), menuju lokasi upacara tawur kesanga. Dilanjutkan kegiatan seremoni, setelah selesai seremoni, umat Hindu melanjutkan ritual tawur kesanga dengan tataran upacara “ Panca Kelud  Yama Raja Dirgayusa Bumi”. Tema yang diangkat dalam perayaan Nyepi tahun Baru Saka 1939/2017 Masehi adalah Dengan Semangat Hari Raya Nyepi Tahun Ṡaka 1939Kita Bangun Harmoni dalam Kebhinnekaan.(HR**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*