PHDI Bontang Memasyarakatkan Yoga ‘Bontang Yoga Day’.

Latihan – Latihan Yoga akan menjernihkan diri,

sehingga pelita pengetahuan sejati mulai tampak jelas  

(Patanjali Yoga Sutra, II.28)

Kutipan diatas menjadi inspirasi penyelenggara 2nd Bontang Yoga Day. Penyelenggara menyadari bahwa tujuan utama dari latihan Yoga adalah melahirkan Buddhi Yoga. Buddhi yoga adalah kecerdasan spiritual yang diperoleh dari berkah berlatih yoga. Kecerdasan yang diperoleh dari kemampuan memilah baik dan buruk, tepat dan tidak tepat, yang menyenangkan dan yang memuliakan. Dengan kemantapan Buddhi, maka pengetahuan sejati tentang “Diri” akan tampak jelas.

Pada zaman modern ini, yoga telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Hampir setiap lapisan masyarakat tertarik untuk belajar dan berlatih yoga. Kebangkitan yoga kini semakin terasa. Hal ini dikarenakan yoga memberi sesuatu yang unik dan bermanfaat dengan nilai–nilai universalnya. Yoga menawarkan suatu pandangan yang holistik tentang hidup sehat dan seimbang. Yoga adalah sebuah seni dan juga sain untuk hidup sehat dan seimbang.

Pada penyelenggaraan Sidang Umum PBB ke 69, Perdana Menteri India Shri Narendra Modi dalam pidatonya, mengajak masyarakat dunia untuk menyelenggarakan Hari Yoga Internasional. Sehingga pada tanggal 27 september 2014  PBB telah menetapkan satu hari dalam setahun sebagai The International Day of Yoga  atau lebih dikenal sebagai Yoga Day atau World Yoga Day yaitu pada tanggal 21 juni. Hingga kini, masyarakat diberbagai belahan dunia memperingati Yoga Day. Sebagai masyarakat yang mendapat manfaat dari berlatih yoga, komunitas yoga di Bontang dengan antusias ikut memperingati hari yoga internasional.

Narendra Modi sebagai pemrakarsa World Yoga Day mengatakan bahwa ; Yoga bukanlah tentang latihan secara fisik saja tetapi untuk menemukan penyatuan antara diri, alam dan lingkungan. Hal ini juga di sampaikan oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase dalam sambutannya padapembukaan 2nd Bontang Yoga Day. Beliau menyatakan bahwa inti dari yoga adalah penyatuan. Setiap orang selalu terhubung secara timbal balik dengan alam, contohnya manusia membutuhkan oksigen dan alam menyiapkan oksigen melalui tumbuh-tumbhan dan tumbuhan pula mendapatkan karbondioksida dari manusia.

Di prakarsai oleh para praktisi yoga,  PHDI kota Bontang bekerjasama dengan Bhadra Yoga Sanstha menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya memasyarakatkan yoga, guna menciptakan individu-individu yang memiliki ketenangan pikiran dan kedamaian di dalam diri dengan lebih mencintai diri sendiri dan sesama serta alam semesta, juga untuk mewujudkan masyarakat yang sehat secara holistik.

Tema 2ndBontang Yoga Day adalah yoga for calmness and peace. Yoga untuk ketenangan dan kedamaian. Tema ini merupakan refleksi dari event Bontang Yoga Day yang pertama. Dimana pada saat itu yoga dianggap sebagai sebuah metode untuk mempertemukan kita, menyatukan kita dan menciptakan persaudaraan. Setelah persaudaraan terjalin, kita mesti melihat apa yang yoga dapat lakukan terhadap diri kita untuk mencapai hidup bahagia. Yoga menunjukkan jalan untuk mencapai ketenangan dan kedamaian diri sebelum menciptakan ketenangan dan kedamaian di lingkungan sekitar kita, dalam masyarakat dan pada bangsa dan negara.

Kegiatan 2nd Bontang Yoga Day adalah program kerja bidang Pembinaan Umat dan Pendidikan (PUP) PHDI Kota Bontang Periode Tahun 2017-2022. PHDI bekerjasama dengan Bhadra Yoga Sanstha dalam menyiapkan panduan yoga yang digunakan pada saat kegiatan berlangsung. Instrukturnya berasal dari Bhadra Yoga Sanstha sedangkan para model berasal dari lembaga pendidikan keagamaan Hindu PasramanWidya Bhuana Bontang.

2nd Bontang Yoga Day diselenggarakan pada sabtu, 23 Juni 2018 bertempat di Taman Adipura Kota Bontang, jalan Piere Tandean, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.30 wita ini dihadiri oleh Wakil Walikota Bontang, PolresBontang, Dinas Kominfo, Dinas Pertamanan, Kelurahan Bontang Baru, Kelurahan Bontang Kuala, Polsek Bontang Utara, PT. Badak NGL, PHDI Bontang, Bhadra Yoga Sanstha, WHDI Bontang, PERADAH Kota Bontang, Pasraman Widya Bhuana, Yoga Seruling Dewata Mandala Bontang, Asosiasi Yoga Indonesia dan peserta berjumlah 61 orang yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan budaya. PHDI kota Bontang berharap Bontang Yoga Day menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di kota Bontang sehingga visi misi untuk memasyarakatkan yoga dan mengajak warga untuk hidup sehat dapat tercapai.

SHD.MenjagaSraddha_MenebarDharma

Ni Made Adnyani

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*