PERAN PEMUDA HINDU DALAM KEISTIMEWAAN YOGYAKARTA

Yogyakarta, Minggu 25 Oktober 2015 pemuda Hindu D.I.Yogyakarta berkumpul di Kantor Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta. mereka hadir untuk mengikuti seminar keagamaan Hindu tentang peran pemuda Hindu dalam ke-Istimewaan Yogyakarta guna memperkokoh kepribadian budaya bangsa. Kegiatan seminar keagamaan Hindu dimulai pada pukul 08.00 wib sampai selesai. Peserta yang ikut dalam kegiatan seminar tersebut 100 orang peserta terdiri dari KMHD UGM, KMHD Respati, KMHDI DIY, PERADAH DIY dan paguyupan pemuda Hindu seluruh D.I.Yogyakarta. Generasi Mudah/ Pemuda merupakan generasi yang akan meneruskan generasi tua dalam melanjutkan perjuangaannya. Dalam hal ini pemuda inilah yang akan menjadi power dalam menjalankan pembangunan selanjutnya, apalagi dengan kegiatan seminar keagamaan Hindu tentang peran pemuda dalam keistimewaan Yogyakarta sebagai kota pelajar, yang mana seluruh pemuda yang ada di Indonesia mencari pendidikan atau ilmunya di kota pelajar tersebut, sehingga ini menjadi sangat menarik untuk dipahami oleh kita bersama.

IMG_9161IMG_9327 IMG_9357 IMG_9381

Seminar keagamaan Hindu yang dilaksanakan di Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta bertujuan untuk meningkatkan peran pemuda Hindu dalam pengembangan keagamaan di D.I.Yogyakarta. meningkatkan rasa persaudaraan diantara pemuda Hindu dalam memikirkan perkembangan umat Hindu di D.I.Yogyakarta. menjalin komunikasi antar pemuda Hindu dalam ikut mengembangkan kreatifitasnya dalam membangun D.I.Yogyakarta yang lebih baik.

Dalam acara kegiatan seminar keagamaan Hindu dihadiri oleh pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si yang akan membuka dan memberikan sambutan dalam acara seminar tersebut. Kegiatan seminar tersebut, narasumbernya adalah bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si dan Prof. Dr. I Gusti Suryadharma dari guru besar Universitas Negeri Yogyakarta.

IMG_9402 IMG_9476

Dalam kegiatan seminar berlangsung Prof. Dr. I Gusti Suryadharma menyampaikan makalahnya tentang “kearifan local perspektif nasional dan refleksi global satu pendekatan analitik deduktif”, beliau menjelaskan keunikan dan keistimewaan Yogyakarta dalam budaya bangsa yang beralkuturasi dengan budaya Hindu dari dulu sampai sekarang. Kemudian bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si menyampaikan kepada peserta seminar bahwa pemuda Hindu sebagai generasi penerus harus bahu membahu ikut berperan aktif dalam membangun keumatan yang ada di D.I.Yogyakarta. Sebab dalam setiap event keagamaan Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta pemuda Hindu selalu berperan dalam melaksanakan kewajibannya terhadap agama Hindu. oleh sebab itu beliau mengajak pada pemuda Hindu D.I.Yogyakarta dalam berkontribusi dalam membangun keistimewaan Jogja melalui budaya dan agamanya.

Hal tersebut yang menjadi harapan bagi kita semua, ketika pemuda Hindu ikut berperan dalam pembangunan baik pendidikan, budaya dan agama sebab keberlanjutan selalu ada di tangan generasi penerusnya. Semoga ini akan terus berkesinambungan…. Jayalah Hindu!!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*