PENINGKATAN PERAN SARATI BANTEN

Swarahindu.com, Dalam mempersiapkan kompeten para sarati banten ketika memberikan pelayanan terhadap umat Hindu khususnya dalam membuat sarana upakara, Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarat melaksanakan kegiatan pembinaan agama dan keagamaan Hindu. kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu 14 Februari 2016, mengambil tempat di pura Jagatnatha, Banguntapan, Bantul. Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 wib, dengan diikuti oleh 50 orang perserta yang terdiri dari masing – masing perwakilan kabupaten dan kota se-D.I.Yogyakata.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran Sarati Banten dalam menjalankan swadharmanya sebagai pelayan umat ketika membuat sarana upakara ketika umat Hindu akan melaksanakan kegiatan ritual keagamaan. kedua memberikan pemahaman pada para sarati tentang makna dari sarana upakara agar para sarati bisa membuat sarana upakara dan mengerti maksud dan makna/arti dibalik sarana tersebut.

12728923_840649059378503_6180958458578574452_nPada kesempatan tersebut hadir Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta yang akan memberikan materi pada kegiatan pembinaan agama dan keagamaan Hindu. beliau menyampaikan tentang butha yadnya. Butha yadnya merupakan jenis pengorbanan suci yang dipersembahkan pada alam jagat upacara seperti upacara mecaru. Mecaru juga ada beberapa jenis seperti eka sata, panca sata, resi gana dll, dimana tingkatan tingkatan tersebut harus dipahami dan diketahui oleh para sarati banten. Agar nantinya tidak terjadi perbedaan persepsi diantara sarati dengan sarati dan sarati dengan wasi., sehingga akan manjadi satu persepi atau pandangan ketika sarati dan wasi menyelesaikan swadharmanya dalam ritual keagamaan Hindu.

Ini yang menjadi harapan Pembimas Hindu ketika memberikan materi di acara kegiatan pembinaan agama dan keagamaan Hindu, sehingga umat Hindu dalam melaksanakan ritual keagamaan yang ada di wilayah D.I.Yogyakarta tidak lagi ada masalah tentang sesaji untuk ritual keagamaan karena sudah ada lembaga sarati Banten yang akan selalu membantu dan membimbing umat dalam membuat sarana upakara. HR….

1 Comment

  1. Om Suastiyastu untuk serangkaian Upakara dan Upacara peran Serati kita sangat mendukung kelancarannya, silahkan sesuai Desa Kala Patra, kami sangat perlu sebagai umat penetapan melalui PHDI Daerah dan Pusat menyatukan upakara bebantenan dengan Ketetapannya dan menjelaskan masing upakara dimaksud dan urut-urutan tahapan Panca Yadnya yang ada sukma Om Santi Santi Santi Om

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*