PEMBIMAS HINDU DIY BERIKAN PEMBEKALAN PADA PESERTA UPACARA METATAH MASAL DI SANTI SASANA

Bantul – (SHD), Rabu 18 Agustus 2017, Pembimas bersama staf kanwil kemenag D.I.Yogyakarta hadir ke acara  persiapan upacara metata yang akan diseleanggarakan oleh Yayasan Lentera Jingga D.I.Yogyakarta. Dalam kehadiran beliau diundang untuk memberikan pembekalan kepada peserta upacara metatah yang akan diselenggarakan pada hari kamis 19 Agustus 2017.  Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Gedung Santi Sasana, Pura Jagadnatha, Banguntapan.

 

Peserta yang ikut serta dalam upacara metatah berjumlah 27 orang peserta yang berasal dari umat Hindu yang berada di Yogyakarta. Pesertanya berumur dari 16 s.d 30 tahunan. Upacara metatah atau potong gigi dalam agama Hindu adalah untuk mengurangi sifat – sifat sadribu dalam diri manusia atau nafsu dalam diri manusia, itu sebabnya upacara yang dilaksanakan biasanya diikuti para remaja yang sudah menginjak umur dewasa. Dimana tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut agar peserta yang ikut dalam upacara metatah ini dapat mengendalikan dan mengurangi nafsu dalam dirinya. Upacara tersebut  merupakan ritual yang menjadi kewajiban orang tua dalam mengarahkan anaknya ke jenjang dewasa, ungkap Ida Bagus Wika Krishna dalam memberikan pembekalan kepada peserta upacara metatah atau potong gigi di Santi Sasana.

Semoga melalui kegiatan seperti ini, kita dapat mengarakan anak – anak kita kejalan yang lebih baik dan selalu patuh dan hormat kepada orang tua. Sebab di tangan orang tualah, anak akan menjadi baik ketika diarahkan kejalan lebih baik dengan memberikan pendidikan agamanya sehingga Sradha dan bhaktinya akan mengikuti dengan sendirinya.(HR**).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*