PDHI GUNUNGKIDUL ADAKAN PEMBINAAN UNTUK GENERASI MUDA HINDU

Gunungkidul-(SHD), Minggu, 17 September 2017 Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Gunungkidul mengadakan pembinaan untuk generasi muda se Kabupaten Gunungkidul. Pembinaan ini mengusung tema “Melalui Pembinaan Generasi Muda Hindu Kabupaten Gunungkidul; Kita Tingkatkan Peran Aktif Pemuda Hindu dalam Kegiatan Keagamaan di Kabupaten Gunungkidul”. Pembinaan yang berlokasi di Pura Giri Natha Gading Playen ini di ikuti oleh 50 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Gunungkidul. Dalam acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPP Peradah DIY dan beberapa pengurus Peradah DIY lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan persembahyangan bersama yang di pimpin oleh Pinandita Dasuki. Setelah persembahyangan selesai dilanjutkan dengan acara ceremonial. Dalam acara ini Purwanto selaku Ketua PHDI Kab. Gunungkidul sangat mengapresiasi para pemuda pemudi gunungkidul yang hadir dalam pembinaan tersebut, karena menurutnya masa depan Hindu Gunungkidul berada di pundak para generasi muda. Sehingga apapun yang akan di lakukan oleh pemuda dan pemudi saat ini adalah cerminan masa depan umat Hindu Gunungkidul.

Selain itu, Edith Pradana Selaku Ketua DPP Peradah DIY juga mengatakan bahwa sebagai Generasi Muda kita harus mampu berkontribusi untuk Agama, Negara dan Lingkungan sekitar. Salah satu cara berkontribusi adalah dengan bergabung dan turut aktif dalam organisasi kepemudaan. Menurut Edith dengan bergabung dalam organisasi kita bisa banyak belajar, salah satunya adalah belajar berbicara di depan umum tanpa grogi.

Puncak pembinaan ini adalah diskusi bersama mengenai pembentukan kepengurusan dan program kerja yang akan dilakukan oleh pemuda dan pemudi Gunungkidul. Dalam diskusi tersebut di putuskan bahwa nama Organisasi Pemuda Hindu Gunungkidul adalah “Angkatan Muda Hindu Gunungkidul” dengan Ketua Umum Vida Puri Santoso.

Semoga dengan terbentuknya organisasi pemuda ini, semakin banyak pemuda dan pemudi yang  aktif dalam organisasi yang basis keagamaan. Sehingga rasa malu dan minder saat bertemu dengan orang banyak bisa semakin berkurang dan semakin banyak pemuda Hindu yang mau aktif di berbagai organisasi lintas agama. (D.Harjani**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*