PASRAMAN UNGGULAN AGAMA HINDU

Swarahindu.com, Pasraman  sebagai tempat pembelajaran agama Hindu untuk siswa – siswi yang masih minim dalam menerima pendidikan agama Hindu di sekolah formal. Pasraman yang ada di D.I.Yogyakarta, memang sudah berjalan sesuai dengan progam yang dicanangkan oleh Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogykarta. namum program tersebut, belum berjalan dengan maksimal dan masih banyak hambatan – hambatan dalam menjalankan proses pembelajaran di Pasraman. Alasannya siswa menjadi  minim untuk berkumpul dengan keluarga karena disibukan dengan kegiatan disekolah. Kemudian masih minimnya orang tua untuk memberikan pengarahan pada anaknya untuk mengikuti pembelajaran di Pasraman. Tidak adanya control atau penilaian untuk siswa yang mengikuti pendidikan agama Hindu di Pasraman. Kurikulum dan silabus pasraman juga belum ada, sehingga  perlu menjadi perenungkan untuk kita semua sebagai umat Hindu. Dimana  pasraman adalah tempat untuk mendapatkan ilmu agama Hindu.

Melihat permasalahan tersebut Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta, melaksanakan kegiatan “Dialog Tokoh Agama Hindu”. Tema yang diangkat adalah implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Hindu. Pelaksanaan kegiatan dialog tokoh agama Hindu dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Maret 2016 dan kegiatan dimulai pada pukul 13.00 wib. Lokasi kegiatan dialog tokoh agama Hindu di ruang rapat V (lima), dan diikuti oleh 50 peserta. Peserta yang diundang terdiri dari lembaga keagamaan Hindu, para guru agama Hindu, PHDI D.I.Yogyakarta, PHDI Kabupaten Bantul, PHDI Kabupaten Sleman, PHDI Kabupaten Gunungkidul, PHDI Kota, dan para pengelola pasraman se – D.I.Yogyakarta.

Wacana yang dibahas dalam dialog tokoh agama Hindu adalah tentang pasraman unggulan, yang mana wacana tersebut untuk menindak lanjuti dari surat keputusan PMA Nomor 56 Tahun 2014, tentang pendidikan keagamaan Hindu di Pasraman, dimana surat tersebut menjadi landasan atau payung hukum yang sah. Dari hal tersebut,  maka dibentuklah pasraman unggulan sebagai pasraman percontohan. Pembentukan pasraman unggulan tersebut, ada tiga pasraman diantaranya  adalah Pasraman Widya Dharma di Banguntapan kabupaten Bantul, Pasraman Widya Santi di Ngawen kabupaten Gunungkidul, Pasraman Saraswati di Ndero Kabupaten Sleman.

Dari hasil dialog tokoh tersebut maka diharapkan seluruh kepada pengelola dan guru pasraman agama Hindu yang sudah ditunjuk, untuk mempersiapkan segala kebutuhannya dan sarana apa saja yang menunjang sebagai pasraman unggulan. Harapanya pasraman yang ada di D.I.Yogyakarta terus meningkatkan perannya sebagai lembaga pendidikan agama Hindu baik yang Formal dan Nonformal. Sehingga umat Hindu nantinya mempunyai pasraman yang formal layaknya sekolah fomal seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama(SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi. Hal tersebut yang menjadi harapan umat Hindu D.I.Yogyakarta, semoga harapannya menjadi terwujud. Jayalah Hindu…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*