PANITIA NYEPI DIY MELAKSANAKAN ATUR PIUNING

img_6398Swarahindu.com, Dalam rangka menyambut perayaan hari raya Nyepi tahun Saka 1939/2017 masehi yang akan jatuh pada bulan maret 2017. Panitia pelaksana perayaan hari raya Nyepi Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan upacara atur piuning. upacara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 4 Januari 2017 yang bertempat di Pura Jagat Natha, Banguntapan, Bantul. Kegiatan upacara atur piuning dipimpin oleh pinandhita Achir Hadi wiyono dengan diikuti seluruh panitia.
Menurut  AKBP. I Nyoman Edi Purnama, selaku ketua panitia pelaksana perayaan hari raya Nyepi tahun Saka 1938/2017, bahwa tujuan dari upacara tersebut, adalah untuk mengawali pelaksanaan  kegiatan perayaan hari raya Nyepi tahun Saka 1939/2017 Masehi, yang sudah dijadwalkan dalam agenda kegiatan perayaan hari raya Nyepi yaitu dari bulan Februari sampai dengan Maret. Dimana setiap menyambut Tahun Baru Saka 1939 tersebut, panitia akan melaksanakan rangkaian kegiatan seperti kegiatan keagamaan maupun kegiatan kemasyarakatan. Perayaan hari raya Nyepi merupakan agenda tahunan. Rangkaian kegiatan tersebut adalah Yoga Masal, Kirab budaya, Upacara Wanakerti, Upacara melasti dan puncaknya upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan serta Dharma Santi sebagai akhir dari kegiatan perayaan Nyepi tahu Saka 1939/2017 Masehi. Ditahun 2017, D.I.Yogyakarta menjadi panitia pelaksana kegiatan Taur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, ungkap ketua panitia.

img_6385 img_6393

Dalam kegiatan tersebut hadir Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si selaku Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, ketua PHDI Daerah Istimewa Yogyakarta dan para sesepuh umat Hindu D.I.Yogyakarta yang turut serta dalam kegiatan upacara atur piuning di pura Jagat Natha Banguntapan.

semoga pelaksanaan kegiatan perayaaan hari raya Nyepi tahun Saka 1939/2017 bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Astungkara………

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*