PANITIA NYEPI DIY & BIMAS HINDU DIY SELENGGARAKAN YOGA MASAL DI CANDI PRAMBANAN

Swarahindu.com, Minggu,  5 Pebruari 2017  di pelataran Candi Prambanan diadakan Yoga Massal oleh Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi 1939 (2017 M)  bekerja sama dengan Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta. Sejak pukul 05.00 masyarakat telah berdatangan untuk mengikuti kegiatan Yoga Massal tersebut. Kegiatan yang diperuntukan untuk umum ini mendapat reaksi yang positif bagi masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah, terbukti banyak masyarakat yang hadir di kegiatan tersebut, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Secara total keseluruhan yang hadir dalam kegiatan Yogga massal mencapai  530 orang.  Yoga Massal kali ini  mengambil tema “Yoga Citta Vrtti Nirodhah” yang artinya Pengendalian Cita Pada Benih Pikiran dan Perasaan.

Kegiatan ini juga mendapat support baik secara material maupun moril oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur , Prambanan dan Ratu Boko serta Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. Sekitar pukul 06.30 kegiatan Yoga Massal dimulai, dibuka oleh MC dengan diawali laporan  ketua Panitia yang diwakili oleh I Ketut Artana, S.E. dalam laporannya Ketut menerangkan bahwa kegiatan Yoga Massal ini diselenggarakan dalam ranggka perayaan hari raya Nyepi 2017. Harapannya  diadakannya kegiatan ini, memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat terutama dalam hal kesehatan dan juga memasyarakatkan Yoga itu sendiri “ungkap ketut”.

Selanjutnya dari Perwakilan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko  bapak Catur Sulistyo memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus dimasyarakatkan, karena kegiatan Yoga Massal memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Beliau juga memberikan ruang dan mendukung kegiatan lainnya, yang  bersifat sosial kemasyarakatan di Area Candi Prambanan.

Sambutan yang terakahir oleh Kepala BPCB DIY bapak Winston Sam Dauglas Mambo, dalam sambutannya kepala BPCB DIY mengingatkan bahwa kegiatan  Yoga dari zaman dahulu sampai sekarang sangat menarik untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan kita, karena yoga termasuk kegiatan yang sangat positif dan memberi kontribusi bagus bagi kesehatan. Beliau berpesan selain menyarankan untuk melakukan yoga secara rutin, juga mengajak masyarakat untuk menjaga serta melestarikan cagar budaya.

Dalam Kegiatan yoga massal yang dilaksanakan diplataran candi prambanan dipandu oleh 4 instruktur. Tahap pertama dimulai dengan doa dan peregangan yang dipandu oleh bapak Budi Sanyoto, S.Pd.H,  kemudian tahap kedua pemanasan dan Surya Namaskar yang di pandu oleh Ibu Sri Murwati, tahap ketiga yoga asanas tambahan yang dipandu oleh bapak Suparman, S.Ag dan terakhir adalah pendinginan, Relaxsasi dan meditasi yang dipandu oleh  bapak Ida Bagus Wika Krishna S,Ag., M.Si yang juga merupakan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag  DIY.

Sekitar pikul 09.15 kegiatan Yoga Massal ini selesai dan ditutup, ditampilkan juga atraksi gerak Yoga. Selain kegiatan Yoga Massal, pada hari itu juga diadakan kegiatan bhakti sosial berupa bersih-bersih areal candi di Ring I. Kegiatan tersebut bentuk kepedulian dan menjaga serta melestarikan cagar budaya yang ada di Indonesia. (Mang Santi**).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*