TOT YOGA GURU PASRAMAN AGAMA HINDU

Swarahindu.com, Yoga merupakan ajaran yang Universal dan digandrungi oleh seluruh dunia, baik di barat maupun ditimur, ini disebabkan ajaran yoga yang sangat universal untuk dipelajari oleh mereka yang memang ingin meningkatkan spiritualnya. Di barat memang yoga sangat digemari karena yoga memberikan efek yang positif bagi orang yang sudah menggeluti yoga dengan aktif. Sesuai dengan asal katanya Yoga berasal dari urat kata Yuj yang artinya menghubungkan. Jadi yoga adalah cara untuk bisa menghubungkan diri pada ciptaanya yaitu Hyang Widhi Wasa. Yoga tersebut sudah ada 5000 tahun SM, dimana yoga sutra disusun oleh Rsi Patanjali.

IMG_7365 IMG_7375 IMG_7416 IMG_7426

Melihat dari perkembangan yoga yang sangat bagus dan banyak dipelajari serta diminati oleh umat manusia dengan segala kelebihannya dari ajaran tersebut, maka Bimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Orientasi Traning of Trainer Yoga Guru Pasraman Agama Hindu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Taman Eden I, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 25 s/d 27 Februari 2016, dengan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdari dari Guru Pasraman, Guru TK, Guru Paud, dan Komunitas Yoga yang terdapat di D.I.Yogyakarta. Diadakannya kegiatan orientasi Trainng of Trainer Yoga tersebut adalah mendidik para peserta untuk menjadi seorang trainer Yoga, yang nantinya bisa memberikan ilmunya tentang Yoga kepada murid atau siswanya dan umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta.

IMG_8540 IMG_7450 IMG_7501 IMG_7742

Kegiatan Training of Trainer Yoga Guru Pasraman Agama Hindu dihadiri Kepala Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta Prof.Dr.Nizar, M.Ag, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.yogyakarta Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag,M.Si. Dalam acara tersebut kepala kanwil kemenag D.I.Yogyakarta hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Training of Trainer Yoga Guru Pasraman yang diselenggarakan selama 3 hari. Narasumber untuk mengisi kegiatan Training of Trainer Yoga Guru Pasraman Agama Hindu adalah Dr. Nyoman Kertia, Romo Arianto, dan Ir. Ngakan Ngurah Mahendrajata, MT. mereka adalah seorang tokoh praktisi dan pemerhati Yoga, yang selama sangat antusias ingin memberikan ilmunya kepada umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta.

IMG_9017 IMG_9018

Training of trainer merupakan kegiatan yang pertama kali yang ada di Bimas Hindu kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, yang mana kegiatan tersebut dapat memberikan hal yang positif kepada umat khususnya umat Hindu dalam mendalami ajaran agama Hindu yaitu dengan Yoga Asanas. Ini memberikan hal yang sangat positif bagi perkembangan keumatan yang ada di D.I.Yogyakarta. Dari hal tersebut maka kegiatan training of trainer tersebut diselenggarakan, dimana kegiatan tersebut dapat menciptakan para instruktur – instruktur yoga yang baru. Dan para instruktur tersebut dapat membantu dalam mensosialisaikan yoga kepada umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta. Ini yang menjadi harapan oleh Bimas Hindu D.I.Yogyakarta ketika memberikan materi dalam kegiatan training of trainer yoga. Semoga harapan tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama dalam mengamalkan ajaran Agama Hindu. Sesuai dengan Jargonya Yoga for Jogja, Jogja for Yoga. Atungkara……….

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*