ORIENTASI PINANDHITA DAN SARATHI

Swarahindu.com, Pinandhita sebagai seorang rohaniawan Hindu dan selalu memimpin dalam ritual keagamaan Hindu. Oleh sebab itu maka seorang pinandhita dituntut untuk selalu meningkatkan dirinya dalam memberikan pelayanan terhadap umat, ketika ada upacara keagamaan. Untuk meningkatkan kwalitas pinandhita dan sarati, maka Bimas Hindu menyelanggarakan kegiatan Orientasi Pinandhita dan Sarati. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (hari) dari hari Rabu s/d Jumat, 13 s/d 15 April 2016. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan Orientasi Pinandhita dan Sarati di Hotel Sri Wedari, Jln Adi Sucipto, Yogyakarta. Peserta yang hadir dalam kegiatan orientasi sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari 25 Pinandhita dan 25 Sarathi. Seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan orientasi Pinandhita dan Sarati adalah  para Pinandhita Anom atau muda dan sarathi muda.

IMG_2448 IMG_2548 IMG_2887 IMG_3154

Tujuan dari kegiatan dilaksanakannya orientasi Pinandhita dan Sarathi tersebut adalah untuk menyamakan persepsi ketika melaksanakan ritual keagamaan, meningkatkan kwalitas para pinandhita yang masi muda atau baru ketika memimpin dalam ritual keagamaan, memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam membuat sarana upakara pada para sarathi yang masih baru, kegiatan orientasi pinandhita dan sarathi untuk meregenerasi atau pewarisan kepada pinandhita dan Sarati yang masih mudan atau baru.

IMG_3452 IMG_3525

Selanjutnya pada kegiatan orientasi pinandhita dan sarathi dihadiri oleh KaKanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, Prof. Dr. H.Nizar, M.Ag, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, ketua Lembaga Pendidikan Sarathi, ketua Lembaga Sanggraha Pinandhita Nusantara D.I.Yogyakarta.

Prof.Dr. H. Nizar, M.Ag hadir, untuk membuka dan memberikan materi pada kegiatan orientasi pinandhita dan sarathi. Dalam acara tersebut beliau menyampaikan bahwa peran seorang pinandhita di keumatan khususnya umat Hindu sangat penting, karena seorang pinandhita adalah gardha terdepan dalam membina dan melayani umat di lingkungan umat Hindu. Seorang pinandhita harus selalu meningkatkan dirinya, apa bila dibutuhkan dalam memberikan pencerahan terhadap umat yang membutuhkan, serta selalu menjaga dan mendekatkan diri pada aura kesucian. Ini pesan dari beliau ketika membuka acara orientasi pinandhita dan sarathi di hotel Sriwedari, Yogyakarta.

Harapannya, dengan dilaksanakannya orientasi pinandhita dan sarathi, maka akan lebih meningkatkan peran pinandhita dan sarathi dalam memberikan pelayanan keagamaan Hindu khususnya di wilayah D.I.Yogyakarta. Sehingga umat Hindu tidak akan merasa khawatir atau was was ketika akan melakukan sebuah upacara keagamaan sebab para pinandhita dan sarathi sudah mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap umatnya.. semoga harapan ini menjadi terwujud… Astungkara….!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*