ODALAN PURA GIRI NATHA KECAMATAN PLAYEN

Gunungkidul, Selasa 28 September 2015, penyungsung pura Giri Natha melaksanakan upacara piodalan, pelaksanaan piodalan tersebut bertepatan dengan purnama kapat. Upacara piodalan pura Giri Natha di kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, di dukung oleh seluruh umat D. I.Yogyakarta yaitu dari umat Hindu kabupaten Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul selaku tuan rumahnya.
Upacara piodalan pura Giri Natha di Kecamatan Playen dihadiri oleh Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, PHDI D.I.Yogyakarta, PHDI Kabupaten dan Kota se- D.I.Yogyakarta, WHDI D.I.Yogyakarta, Ketua LPDG D.I.Yogyakarta, KPB Yogyakarta.

IMG_8156 IMG_8168
Upacara piodalan yang dilaksanakan di pura Giri Natha adalah untuk memperingati hari berdirinya pura tersebut dan upacara tersebut juga bertujuan untuk membersihkan areal pura dari pengaruh negative menjadi positif secara niskala. Piodalan merupakan upacara dewa yadnya yaitu upacara yang dilakukan untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi wasa beserta manifestasinya dan upacara piodalan biasanya dilaksanakan setiap 1 (satu) tahun sekali. Dalam upacara tersebut diawali seremoni yaitu sambutan dari ketua panitia, dan dharma wacana kemudian melakukan pesembahyangan bersama. Dharma wacana pada piodalan di pura Giri Natha adalah ketua PHDI Kabupaten Gunungkidul yaitu bapak Purwanto, M.Pd.H. Beliau menyampaikan dharma wacana tentang 3 hal yang baik dalam upacara piodalan supaya berjalan harmonis dengan alam, dalam Manawa dharmasastra, Dharma Sampati, Praja, Rati. Dharma sampati adalah berjalannya suatu upacara dipengaruhi oleh keluarga besar penyungsung pura tersebut, praja artinya adanya berkembangnya suatu pura disebabkan adanya generasi penerus yang akan mewarisinya, dan yang terakhir rati adalah adanya keharmonisan diantara umat dengan puranya atau masyarakat yang ada dekat dengan tempat suci tersebut. itulah pemaparan dari beliau ketika menyampaikan dharmawacana di pura Giri Natha kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Semoga melalui upacara – upacara yadnya seperti upacara piodalan di pura Giri Natha tersebut memberikan kesejahteraan pada umat Hindu D.I.Yogyakarta. Jayalah selalu umat Hindu D.I.Yogyakarta…!!!!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*