ODALAN PARAHYANGAN TIRTO LANCENG DI KULONPROGO

Kulonprogo, Jumat 23 Oktober 2015, untuk pertama kalinya umat Hindu di Kulonprogo melaksanakan upacara piodalan. Parahyangan Tirto Lanceng yang merupakan tempat ibadah umat Hindu yang ada di Kabupaten kulonprogo. Tempat ibadah tersebut terletak di desa Madi Gondo, Kecamatan Sami Galuh, Kabupaten Kulonporgo. Umat Hindu yang ada di desa itu terdiri dari masyarakat asli dari daerah tersebut . Kegiatan upacara piodalan yang dilaksanakan oleh umat Hindu di kulonprogo biasanya diadakan setiap 10 hari setelah tahun baru Jawa (Suro). Mereka mempercayai ditahun baru Jawa (Suro) tersebut akan selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan dalam hidupnya.

IMG_9044 IMG_9071 IMG_9079 IMG_9092

Dalam pelaksanaan upacara piodalan Parahyangan sangat unik dan menarik karena pada acara piodalan tersebut ketika upacara berlangsung kelompok kidungnya adalah bukan umat, melainkan umat non Hindu yang ingin menyubangkan suaranya melalui kidung- kidung macapat dengan syair – syair yang sangat khas Jawanya dan mengandung tentang kemahakuasaaan jagat. Masyarakat di desa tersebut juga toleransi sangat baikn dimana didesa tersebut ada 5 agama dan mereka saling bekerja sama. Ini yang membuat unik dan menarik ketika rombongan dari Bimas Hindu Kanwil Kementeriaan Agama D.I.Yogyakarta menghadiri undangan upacara piodalan tersebut.

IMG_9119 IMG_9127 IMG_9139 IMG_9136

Upacara piodalan yang dilasanakan di Parahyangan Tirti Lanceng selain bimas Hindu, juga hadir PHDI D.I.Yogyakarta yang dihadiri oleh I Wayan Sumerta S.T, PHDI Kabupaten se – D.I.Yogyakarta, dan disekuyung oleh umat Hindu D.I.Yogyakarta.Pada kesempatan itu, bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si selaku dari Bimas Hindu memberikan darma wacana yang intinya memberikan selamat kepada penyungsung Parahyangan Tirto Lanceng yang telah melaksanakan upacara piodalan yang pertama. Kemudian mengharap kepada umat Hindu di parahyangan Tirta Lanceng untuk selalu meningkatkan Sradha dan bhaktinya kepada Hyang widhi, serta selalu menjaga dan memelihara keberadaan tempat ibadah yang sudah dibangun tersebut.

Semoga melalui piodalan yang dilaksanakan di Parahyangan Tirto Lanceng di Desa Madi Gondo, Sami Galuh, umat Hindu terus meningkatkan diri dalam mempelajari ajaran ajaran agama Hindu. sehingga nantinya keberadaan umat Hindu yang ada di Kabupaten Kulonprogo menjadi kuat dan mandiri dalam melaksanakan acara keagamaan. Jayalah Hindu…..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*