MENINGKATKAN PERAN WASI DAN SARATI DALAM PRAKTEK KEAGAMAAN HINDU

Swarahindu.com, Wasi atau Pinandhita merupakan tokoh agama yang selalu menjadi garda didepan dalam memberikan pelayanan keumatan agama Hindu khususnya di D.I.Yogyakarta. Demikian pula Sarati sebagai pendamping wasi ketika dalam sebuah upacara keagamaan Hindu ini sangat penting dibutuhkan perangnya. Sebab sarati merupakan orang yang membuat dan mempersiapkan sarana upakara keagamaan Hindu. Untuk meningkatkan kualitas para wasi dan sarati dalam melayani umat  ketika melakukan upacara keagamaan Hindu, Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta melaksanakan kegiatan pembinaan Rohaniawan Keagamaan Hindu angkatan II. kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat 25 Maret 2016, bertempat di Pura Bhakti Widhi Dukuh Bendo, Kelurahan Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan pembinaan rohaniawan agama Hindu diikuti oleh Wasi dan Sarati, yang mana peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 50 orang.

IMG_1372 IMG_1409

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, untuk meningkatkan para wasi dan sarati dalam kegiatan keagamaan Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta. Dimana kegiatan tersebut lebih menekan pada praktek – praktek keagamaan. Hal tersebut dilakukan agar, wasi lebih paham dan mengerti,  bagaimana memimpin sebuah upacara, cara membaca mantra dan cara membunyikan sebuah bajra. Sedangkan untuk sarati lebih mengerti dan memahami  cara membuat sarana upakara dan makna dari upakara yang telah dibuat. Dimana sarana upakara tersebut di puput oleh wasi ketika memimpim sebuah upacara keagamaan.

Dalam kegiatan tersebut hadir Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, Ketua PHDI Kabupaten Gunungkidul, Pengurus Pinandhita Sanggraha Nusantara D.I.Yogyakarta,  Ketua Lembaga Pendidikan Sarati D.I.Yogyakarta. Pembimas Hindu hadir dalam kesempatan  itu untuk memberikan materi pada peserta kegiatan pembinaan rohaniawan keagamaan Hindu yang dilaksanakan di Pura Bhakti Widhi.

IMG_1452 IMG_1497

Harapannya kegiatan pembinaan Rohaniawan keagamaan Hindu yang dilaksanakan di Pura Bhakti Widhi, dapat memberikan wawasan dan pengetahuan pada peserta pembinaan rohaniawan agama Hindu serta meningkatkan peran wasi dan sarati ketika melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melayani umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta.  Sehingga kedepan  wasi dan sarati akan lebih baik  dalam menjalani swadharmanya.  Jayalah Hindu….!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*