MENELUSURI JEJAK KEJAYAAN HINDU

Sleman, Minggu 27 September 2015, siswa siswi pasraman se – D.I.Yogyakarta berkumpul di kawasan wisata Keraton Boko untuk mengikuti kegiatan Outbond Siswa Pasraman. Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah siswa – siswi dari tingkat sekolah Dasar ( Adhi Widya Pasraman) dan jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan outbond siswa pasraman 95 orang peserta yang terdiri dari masing – masing kabupaten seperti Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul.

IMG_7002 IMG_7118 IMG_7289 IMG_7356

Pelaksanaan kegiatan outbond siswa pasraman dimulai dari upacara pembukaan yang mengambil lokasi di gedung pertemuan Keraton Boko, diawali dengan melaksanakan persembahyangan bersama, menyanyikan lagu Indonesia raya, selanjutnya laporan ketua panitia oleh Gatot Tuharni, S.Ag. Kemudian sambutan serta membuka acara kegiatan outbond siswa pasraman olehi pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna S.Ag, M.Si.

Kegiatan outbond siswa pasraman ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara nyata kepada siswa – siswi pasraman se – D.I.Yogyakarta, kemudian memberikan pemahaman dan wawasan untuk siswa – siswi pasraman tentang peninggalan –peninggalan Hindu pada masa kejayaannya. Siswa – siswi pasraman ketika mengikuti kegiatan outbond siswa pasraman dapat belajar secara langsung tentang candi – candi peninggalan Agama Hindu. selanjutnya kegiatan outbond siswa pasraman untuk memperkenalkan bangunan – bangunan keraton Boko sebagai bekas kerajaan Hindu yang penah berjaya di jamannya. Sehingga kegiatan semacam ini dapat memberikan semangat baru pada siswa – siswi pasraman dalam meningkatkan sradha dan bhaktinya.

IMG_7582 IMG_7819 IMG_7849 IMG_7877

Dalam kegiatan oubond tersebut anak – anak siswa pasraman akan diberikan materi berupa permainan – permainan seperti menelusuri Kawasan Keraton Boko dengan berjalan kaki sambil diberikan penjelasan tentang bangunan – bangunan yang berada dikawasan Keraton Boko oleh para narasumber. Setelah selesai menelusuri keraton Boko para peserta di ajak untuk bermaen, permaenan – permaenan tersebut mengajak dan menjaga para peserta untuk selalu kompak dan bisa berkerjasama dalam menyelesaikan permaenan – permaenan yang diberikan oleh narasumber.

IMG_8040 IMG_8053

Setelah hari sudah menjelang sore peserta di arahkan ke candi Ijo untuk melaksanakan Dharma Yatra. Dharma Yatra merupakan kegiatan untuk melaksanakan perjalanan suci atau mencari tempat yang suci atau kesucian. Dalam kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang paling akhir dari pelaksanaan outbond siswa pasrmanan. Ketika peserta sampai di candi Ijo, peserta dan panitia lasung melaksanakan persembahyangan bersama di dalam candi Ijo dengan posisi melingkari Arca Lingga Yoni. Didalam Candi Ijo bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si menyampaikan materi kepada para peserta tentang Lingga Yoni yang terdapat di Candi Ijo. Bahwa lingga yoni merupakan pertemuan antara lingga dan Yoni, yang dalam konsep agama Hindu lingga disimbulkan sebagai purusa dan Yoni simbulkan sebagai Pradana kalau diambil contoh seperti badan manusia dan jiwanya. Kemudian di dalam siwa purana dijelaskan tentang aksara apa yang pertama kali berbunyi adalah aksara “ OM”, itu sebabnya aksara “OM” selalu di ucapkan pada awal membaca mantra dan di akhir setelah membaca mantra. Itulah sedikit penyampaian dari beliau ketika memberikan penjelasan tentang Lingga yoni yang berada dikawasan Candi Ijo. Semoga kegiatan tersebut memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa – siswi pasraman se – D.I.Yogyakarta serta  memberikan pembelajaran secara langsung tentang peninggalan – peninggalan dan kejayaan Agama Hindu di masa lampau.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*