MEMASYARAKATKAN YOGA DI PURA WAIKUNTA WYUMANTARA

Swarahindu.com, Yoga merupakan ajaran yang sangat Universal dan banyak diminati oleh semua kalangan tanpa membedakan suku ataupun agamanya. Yoga sudah menjadi bagian hidup bagi orang-orang barat. Tapi bagaimana dengan kita? Sebagai orang Hindu, dimana yoga merupakan ajaran yang terdapat dalam kita suci Weda. Ini yang menjadi renungan dan pemacu semangat untuk terus memasyarakatkan ajaran Yoga. Melihat hal tersebut Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta selaku dari pemerintah bekerja sama dengan Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1938/2016 Masehi selaku dari Lembaga Parisadha D.I.Yogyakarta , mengawali memasyarakat gerakan yoga kepada umat Hindu D.I.Yogyakarta dengan melaksanakan kegiatan pembinaa Yoga Asana angkatan I (pertama). Dimana kegiatan pembinaan Yoga Asanas dilakukan pada hari Minggu, 21 Februari 2016, bertempat di Pura Waikunta Wyumantara, kompleks Angakatan Udara Adi Sucipto, D.I.Yogyakarta.

IMG_6234 IMG_6273 IMG_6275 IMG_6283

Pelaksanaan kegiatan pembinaan Yoga Asanas diikuti oleh 200-an peserta yang terdiri dari seluruh umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta, yang mana pelaksanaannya dimulai pada pukul 07.00 wib sampai selesai. Kegiatan pembinaan Yoga Asanas yang dilaksanakan di Pura Waikunta Wyumantara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan umat Hindu D.I.Yogyakarta baik secara jasmani maupun rohani, kedua memasyarakatkan gerakkan Yoga Asanas sebab yoga merupakan kepunyaan umat Hindu maka sepatutnya ajaran ini harus ditularkan kepada umat Hindu khususnya D.I.Yogyakarta. Selanjutnya pada kesempatan itu hadir Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, ketua panitia Perayaan Hari Raya Nyepi, PHDI D.I.Yogyakata dan penyunsung pura Waykunta Wyumantara.

IMG_6598 IMG_6302 IMG_6390 IMG_6391

Kegiatan memasyarakatkan gerakan Yoga merupakan kegiatan rangkaian untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1938/2016 Masehi ungkap ketua panitia Perayaan Hari Raya Nyepi (Ordiyasa) dan yoga mempunyai banyak kelebihan bagi siapa yang menekuninya yaitu memberikan ketenangan pada hati jasmani dan rohani, meberikan kesehatan, mencerdaskan otak kiri dan kanan, membentuk karakter yang baik sesuai dengan ajaran agama ( budi pekerti yang luhur) dan masih banyak lagi kelebihan dari Yoga asanas.

Selanjutnya diakhir pada acara yoga asanas diberikan dharma wacana oleh Ida Bagus Wika Krishna selaku Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta. Dalam dharma wacananya beliau mengambil tema tentang filsafat Yoga. Ini disampaikan pada para peserta yoga asanas agar semua tahu dan paham tentang ajaran yang terkandung dalam Yoga. Sehingga akhirnya semua umat Hindu menjadi paham bahwa yoga merupakan ajaran Hindu yang sudah ada ribuan tahun yang lalu yang sudah diajarkan oleh Maharsi Patanjali. Yang menarik dalam hal ini, beliau menyampaikan pada seluruh umat Hindu yang ada di D.I.Yogyakarta dalam acara Yoga asanas di Pura Waikunta Wyomantara adalah Yoga merupakan warisan Hindu yang setidaknya sebagai seorang pewaris harus tahu dan paham tentang yoga sebagai milik Hindu. Oleh sebab itu, mari kita bersama lestarikan yoga sebagai warisan Hindu yang perlu kita kembangkan untuk umat Hindu secara umumnya di Indonesia dan secara khususnya di D.I.Yogyakarta.

Harapannya dalam event seperti ini akan selalu memberikan efek yang positif dalam membangun umat Hindu D.I.Yogyakarta yang sejahtera sesuai tujuan agama Hindu yang Jagadhita di bumi Nusantara. Jayalah Hindu……!!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*