MELASTI PANTAI NGOBARAN

Swarahindu.com, untuk menjaga keharmonisan alam jagat raya umat Hindu di Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan upacara melasti. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin, 22 Februari 2016. Umat Hindu yang ada di Kabupaten Gunungkidul melaksanakan upacara melasti di pantai Ngobaran, dimana lokasinya berada di Pura Segara Wukir, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Upacara melasti di kabupaten Gunungkidul merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan setiap tahun dan kegiatan tersebut selalu mendapat dukungan dari pemda Kabupaten Gunungkidul. Melasti merupakan upacara untuk mensucikan buwana agung atau alam jagat raya dan buwana alit atau jiwa rohani kita dengan jalan membuang segala kekotoran yang ada dalam diri manusia sesuai dengan ajaran Tri Kaya Parisuda untuk menuju Tri Hita Karana. Ini yang menjadi tujuan dilaksanakannya upacara melasti oleh umat Hindu.

IMG_6891 IMG_6939 IMG_6995 IMG_7021

Pelaksanaan upacara melasti di awali dengan arak-arakan yang mengambil start dipertigaan jalan antara pantai Ngrenehan dan pantai Ngobaran. Iringan arak-arakan tersebut terdiri dari pasepan bagian palin depan kemudian senjata dewata nawasanga, jempana, rombongan wasi, gunungan, rombongan umat Hindu se-D.I.Yogyakarta dan paling akhir bleganjur dan reog/Jatilan. Arak-arak tersebut dimulai pada pukul 09.00 wib.

Hadir pada melasti pantai Ngobaran adalah Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si, Pemda Kebupaten Gunungkidul, Camat Saptosari, PHDI D.I.Yogyakarta, PHDI Gunungkidul,  Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1938, dan masih banyak lagi tamu- tamu yang hadir dalam pelaksanaan melasti dipantai Ngobaran.

IMG_7039 IMG_7063 IMG_7225 IMG_7223

Kegiatan melasti dipantai ngobaran merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Tahun Baru Saka 1938/2016 Masehi atau memperingati Hari Raya Nyepi. Panitia perayaaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1938/2016 melaksanakan upacara melastinya di Pantai Ngobaran, Gunungkidul.

IMG_7227 IMG_7240

Pada acara melasti umat Hindu melakukan upacara Gerebek Gunungan sebelum melakukan labuhan ke pantai Ngobaran dan pada upacara gerebek tersebut umat Hindu akan melakukan ngalap berkah dilanjutkan menuju pantai untuk melakukan pembersihan diri. Harapannya ketika umat Hindu Gunungkidul melaksanakan upacara melasti, alam jagat raya beserta isinya dapat berharmonisasi dengan mahkluk yang ada disekitarnya sehingga kesucian dan kedamaiam dapat terwujud. Jayalah Hindu..!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*