LOKASABHA PINANDHITA D.I.YOGYAKARTA

Swarahindu.com, dalam upaya untuk meningkatkan suatu lembaga kepinandhitaan di D.I.Yogyakarta, pengurus lembaga sanggraha pinandhita nusantara D.I.Yogyakarta melaksanakan kegiatan lokasabha untuk menggantikan kepengurusan lama. Kegiatan lokasabha ini merupakan kegiatan 4 tahunan yang mana kegiatan tersebut untuk memilih pengurus pinandhita yang baru masa bhakti 2015 – 2019. Pelaksanaan kegiatan lokasabha mengambil tempat di Gedung Santisasana, Kompleks Pura Jagatnatha, Banguntapan, Bantul. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu 14 Februari 2016, dengan diikuti oleh seluruh peserta pinandhita yang ada di wilayah D.I.Yogyakarta.

Pada kesempatan itu pula hadir Pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, ketua PHDI D.I.Yogyakarta, Kabupaten dan Kota, dan Ketua lembaga Sarati banten. Pelaksanaan kegiatan lokasabha tersebut berjalan dengan baik, dan pada acara tersebut Bapak Pembimas Hindu (Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si) hadir memberikan sambutan yang dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi pada pengurus lembaga Pinandhita yang selama ini sudah aktif melaksanakan kegiatan, membina umat, dan selalu melaksanakan kerja sama dan berkoordinasi dengan Bimas dalam mengembangkan dan membina keumatan di D.I.Yogyakarta. ini yang patut menjadi contoh bagi lembaga – lembaga yang lainnya.

20160224183126_0 20160224183630_9

Disamping itu juga Bimas Hindu mengharapkan kepada seluruh pinandhita yang ada di D.I.Yogyakarta untuk selalu meningkatkan dirinya dalam memahami segala yang berhubungan dengan ritual / upacara keagamaan Hindu. Sehingga pada akhirnya pinandhita nantinya tidak akan ada lagi yang merasa belum mampu dalam memimpin sebuah upacara. Melainkan sudah mampu dalam menyelesaikan seluruh upacara – upacara yang ada di D.I.Yogyakarta. sebab menjadi seorang pinandhita harus menjadi teladan, panutan dan contoh bagi umatnya, ungkapnya. Selanjutnya selesai menyampaikan sambutan dan materinya beliau menyerahkan bantuan berupa pakaian pinandita dan gentanya yang diserahkan kepada ketua Pinandhita Sanggraha Nusantara yaitu Pinandhita Achir Hadi Mulyono didampingi oleh PHDI D.I.Yogyakarta.

Selanjutnya dilakukan pemilihan pengurus pinandhita untuk memilih pengurus yang baru, yang nantinya akan melanjutkan program dari pengurus lama. Diantara pengurus yang terpilih adalah ketua Pinandhita Ackhir Hadi Mulyono, Bendara Pinadhita Marnaka, dan Sekretaris Pinandhita Wagimin dkk. Para pemilih berjumlah 50n Pinandhita yang hadir pada acara lokasabha tersebut. Selamat kepada penguru baru yang nantinya akan melanjutkan program – program kepinandhitaan sehingga dalam menjalankan swadharmanya akan selalu diberikan limpahan wara nugrahanya oleh Hyang Widhi Wasa, Astungkara…. Serta memberikan kejayaan kepada umat Hindu yang ada di wilayah D.I.Yogyakarta pada Khususnya dan Indonesia pada umumnya.. Jayalah Hindu…..!!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*