LESTARIKAN GAMELAN JAWA MELALUI ACARA KEAGAMAAN HINDU

Bantul-(SHD), Persembahyangan Tilem di Pura Eka Dharma, Gonjen Kasihan Bantul.  Tilem dirayakan saat bulan mati. Tilem ini mempunyai keutamaaan dalam menyucikan diri dan berfungsi sebagai pelebur segala kotoran aatau mala yang terdapat dalam diri manusia, juga bertepatan dengan Dewa Surya beryoga/semedi memohonkan keselamatan kepada Sang Hyang Widhi.Dalam lontar Purwa Gama disebutkan saat datang purnama dan Tilem hendak lah manusia melaksanakan sembahyang dan upacara pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi untuk memohon penyucian diri, berkah dan juga kesejahteraan.

Sebelum persembahyangan dimulai para penabuh atau tukang gambelnya  memainkan alat musik Gambelan.  Dan kekidungan, kidung yang diiringi degan gambelan. Uniknya yang mengambel jawa itu bukan bapak-bapak / ibu-ibu apa lagi remaja / anak-anak, melainkan keunikan gambelan jawa di pura eka dharama adalah darai bapak-bapak, ibu-ibu, remaja juga ikut melestarikan Budaya leluhur.

Megambelnya dipimpin oleh bapak Wayan Senin, saya sangat senang bisa ikut melestarikan budaya leluhur ini. Karena di tanah kelahiran saya di Lampung tidak ada gambelan Jawa yang ada hanya gambelan Bali saja. Gambelan jawa yang terkenal alunan musiknya yang lembut enak didengar. Kelembutanya membuat saya ingin mempelajari gambelan jawa tersebut. Saya bersyukur bisa memainkan salah satu alat dari gambelan Jawa tersebut, karena selain menambah ilmu dinegri perantantauan. Melalui kegiatan tersebut, kita  ikut melestarikan budaya tersebut. Sebab  kalau bukan dari kita siapa lagi??? Mari kita lestarikan Budaya Leluhur kita.

Setelah itu semua umat Hindu di Pura Eka Dharma melakukan persembahyangan bersama. Selesai melaksanakan persembahyangan bersama umat Hindu menikmati Prasadam Tumpeng yang telah dipersembahkan pada saat persembahyangan bersama. Itulah keunikan di Pura Eka Dharma, selalu membagikan Tumpeng di saat persembahyangan Tilem selesai.(Kadek Dwi**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*