KOORDINASI &EVALUASI BIMAS HINDU DENGAN PENYULUH AGAMA HINDU PNS, NON PNS YOGYAKARTA

Yogyakarta-(SHD), Jumat, 29 September 2017, bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Daerah Istimewa Yogyakarta pembumas Hindu Kanwil Kemenag DIY melakukan rapat Kordinasi dan evaluasi dengan Penyuluh Agama Hindu PNS dan Non PNS. Rapat rutin yang dilakukan setiap bulan pada minggu ke-3 setiap Jumat. Rapat dimulai pukul 13.00 dihadiri seluruh Penyuluh agama Hindu PNS dan Non PNS, Pembimas Hindu beserta staff.

Dalam rapat evaluasi dan koordinasi, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag RI DIY Ida Bagus Wika Krishna menyampaikan, sebagai penyuluh harus benar-benar memahami tugas seorang penyuluh. Supaya keberadaan penyuluh benar-benar dirasakan kehadiranya di tengah-tengah masyarakat. Walaupun masih berstatus Penyuluh Honorer, peningkatan kinerja sangat diperlukan, sehingga setiap penyuluh benar-benar siap ketika terjun di masyarakat. Kedudukan penyuluh memiliki payung hukum yang sangat kuat, sehingga kedepan penyuluh Honorer mendapatkan jenjang dan perhatian khusus.

Wayan Sumerta selaku lembaga keagamaan sekaligus Pembina Penyuluh Agama Hindu DIY menyampaikan, menjadi seorang penyuluh harus pintar memanajemen waktu. Manajeman waktu sangat diperlukan karena kedisiplinan waktu merupakan salah satu modal untuk dapat meningkatkan kinerja dan komitmen bersama untuk kemajuan dan keberhasilan program kerja. Disamping itu, Wayan Sumerta menegaskan keyakinan dalam menjalankan tugas seorang penyuluh dapat memberikan kemudahan dan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga setiap tugas-tugas yang didapat menjadi suatu kewajiban yang menyenangkan.

Menyusun laporan menjadi kebutuhan pokok sebagai penyuluh, setiap bulannya harus membuat laporan dilengkapi dengan bukti-bukti foto. Karena laporan itu dibuat sebagai bukti kinerja, laporan ke pusat dan dasar pengajuan pencairan Honor setiap bulannya. Selain laporan Bulanan, diakhir tahun juga diberikan pembekalan penyusunan laporan yang bersistematika. Sehingga laporan dapat dirangkum menjadi satu buku dan memudahan dalam pengarsipanya tegas Purwanto selaku bagian Urusan Agama Hindu Bimas Hindu DIY.

Diakhir kegiatan para penyuluh non PNS agama Hindu melakukan penandatanganan berkas pencairan triwulan ke 3 dan penggalangan dana untuk disumbangkan ke Posko Yogya Peduli Gunung Agung.(Mang Santi**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*