JELANG PERAYAAN NYEPI BIMAS HINDU DIY LAKUKAN PEMBINAAN KEAGAMAAN

Swarahindu.com, Minggu 5 Februari 2017, Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta  menyelenggarakan kegiatan  pembinaan agama dan keagamaan Hindu. Pembinaan tersebut  mengambil lokasi di Gedung  Santi Sasana, Plumbon, Banguntapan, Bantul. Dalam kegiatan pembinaan tersebut, yang diundang  adalah para pinandhita D.I.Yogyakarta dibawah lembaga Pandhita Sanggraha  Nusantara dan mengundang  pinandhita – pinandhita dari Kabupaten Klaten. Peserta yang  mengikuti kegiatan pembinaan agama dan keagamaan sebanyak 100 orang peserta. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempertemukan para pinandhita  baik dari D.I.Yogyakarta maupun dari pinandhita Kabupaten Klaten dalam rangka membahas tentang upacara Tawur Kesanga di Plataran Candi Prambanan. Kemudian menjalin komunikasi yang baik antar kedua wilayah dalam hal pelaksanaan upacara keagamaan yang akan dilaksanakan di Plataran Candi Prambanan, yangmana untuk tahun 2017, D.I.Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaran Tawur  Kesanga di Plataran Candi Prambanan.

Selanjutnya dalam acara kegiatan itu hadir Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, Ketua PHDI D.I.Yogyakarta bapak Drs. Ida Bagus Agung, MT, Ketua Lembaga PSN D.Yogyakarta Pinandhita Ackhir Hadi Wiyono, Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi  yangmana pada pertemuan tersebut diwakili oleh ketua III bapak Lohtama, Ketua Sarati Banten, Seksi Yadnya, dan Seksi Sulinggih dalam kepanitian Nyepi.

Acara tersebut diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Jagadnatha, Banguntapan, Bantul.  Persembahyang dipimpin oleh pinandhita Basri Sastro Utomo. Setelah persembahyangan selesai para pinandhita berkumpul di Gedung Santi sasana, untuk mengikuti kegiatan selanjutnya seperti sambutan – sambutan.

Sambutan pertama adalah dari Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta oleh bapak Ida Bagus Wika Krishna S.Ag. Dalam Sambutannya, Beliau mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para pinandhita dari Kabupaten Klaten karena berkenan hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan pertemuan yang sangat istimewa karena para pinandhita dari Kabupaten Klaten dan Pinandhita D.I.Yogyakarta hadir untuk membahas tentang tata cara pelaksanaan ritual Tawur Kesanga di Plataran Candi Prambanan. Beliau berharap pertemuan seperti yang sudah dilaksanakan bisa berkelanjutan, baik pertemuan 6 bulan sekali atau setahun sekali ketika akan dilaksanakan upacara tawur kesanga di plataran Candi Prambanan.

Selanjutnya sambutan dari PHDI D.I.Yogyakarta Drs Ida Bagus Agung M.T, dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang sesana pinandhita supaya dijaga, sesuai swadharmanya sebagai pinandhita. Yangmana pinandhita hendaknya menjadi panutan, telandan serta contoh untuk umat sebab pinandhita merupakan ujung tombak dalam memberikan pembinaan maupun pelayanan terhadap umat Hindu Khususnya di D.I.Yogyakarta dan Jawa Tengah pada umumnya.

Setelah sambutan – sambutan selesai dilanjutkan dialog antara pinandhita kabupaten Klaten dengan pinandhita D.I.Yogyakarta, membahas tentang prosesi upacara tawur kesanga di Plataran Candi Prambanan. Prosesi upacara tawur kesanga di plataran Candi Prambanan  dengan tingakatan “Yama Raja”. Kemudian pembagian tugas kepada pinandhita baik dari pinandhita Klaten maupun Yogyakarta dalam hal prosesi mendak tirta, linggihan betara, mecaru sampai dengan prosesi persembahyangan nanti di Candi Prambanan yang akan dipimpim oleh pandhita atau pedande. Diakhir pertemuan tersebut panitia perayaan hari raya Nyepi Tahun Saka 1939/2017 Masehi memohon bantuan kepada para pinandhita baik dari D.I.Yogyakarta dan Kabupaten Klaten untuk turut serta dalam menyukseskan kegiatan setiap event ritual keagamaan baik dari melasti, wanakerti dan yang terakhir tawur kesanga di Plataran Candi Prambanan. (HR).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*