HILANGKAN MINORITAS DALAM DIRI

Om Swastyastu

Indonesia memiliki berbagai macam agama, salah satunya yaitu agama Hindu. Agama yang paling tertua di Indonesia dan merupakan suatau keyakinan yang dominan di Pulau Dewata Bali. Selain tersebar di Bali, agama Hindu juga terdapat di Pulau Jawa meskipun di Jawa paling banyak didominasi keyakinan non-Hindu. Bahkan banyak orang jawa dan orang diluar pulau Bali heran akan adanya orang berkeyakinan Hindu sampai saat ini karena agama Hindu dianggap agama yang paling tua dan tidak banyak pengikutnya.

Hal yang perlu kita ingat adalah diidalam agama Hindu memiliki lambang Svastika yang bisa diibartkan bahwa kehidupan ini terus berputar terkadang kita memang sering berkumpul dengan orang-orang yang memiliki keyakinan sama maka saat itu kita tidak merasa minder atau terpojokkan namun kadang kalanya kita juga akan menghadapi berkumpul dengan umat lain dan posisi kita sendiri, terkadang umat hindu terutama akan merasa minder atau berkecil hati karena kita beranggapan umat lain akan mengatakan kita ini kecil kita hanya sedikit pengikutnya. Padahal minoritas itu muncul bukan karena orang lain namun karena diri kita sendiri yang merasa kita sendiri sedangkan mereka banyak teman-temannya. Sebagai contoh lain saat mereka istirahat bisa beribadah ditempat suci yang dimana mana ada namun kita ingin bersembahyang tetapi tempat suci atau Pura tidak tersedia disetiap tempat dan umat lain bertanya “ kamu mau sembahyang dimana kan tidak ada tempatnya”. Disaat kita menghadapi pertanyaan seperti itu jangan langsung berkecil hati ataupun marah hanya dengan pertanyaan seperti itu, mungkin karena mereka tahunya kita ketika ingin bersembahyang harus selalu diPura. Padahal kita dapat bersembahyang atau dapat selalu dekat dengan Tuhan Ida Sang Hyang Widhi Wasa itu kapan saja dan dimana saja yang penting pikiran kita tenang dan niat kita ada, kita selalu berada dijalan Tuhan selalu menebarkan kebaikan kesetiap orang itu kita sudah termasuk berbhakti kepada Tuhan kita tidak perlu minder. Seperti Terjemahan dalam kitab Bhagawad Gita bab XII sloka 4:

“Dengan mengendalikan seluruh indra, berpikiran tetap dan tenang, berusaha guna kesejahteraan semua insani, sebenarnya mereka juga sampai kepada-Ku”

Sebenarnya ketika kita hanya sendiri berada dkumpulan yang berbeda keyakinan namun tatkala kita selalu dapat mengendalikan indera kita selalu dalam kebenaran kita itu tidak sendiri, Tuhan selalu ada didalam diri kita jadi kita tidak perlu merasa minder atau berkecil hati hanya karena kita sendiri atau kecil jadi  kata minoritas tersebut bukan sebuah anggapan dari orang lain untuk agama kita namun kata minoritas itu sendiri dari dalam diri kita masing-masing ketika kita merasa sendiri tidak ada teman seumat berada disisinya, marah atau berkecil hati saat berada diluar lingkungan umat Hindu. Kita harus bangga menjadi umat Hindu karena Hindu merupakan agama yang paling tertua berarti agama yang memiliki sejarah yang begitu berarti untuk dunia ini, jadi jangan beranggapan bahwa Hindu itu kecil atau minoritas. Jadilah generasi Hindu yang percaya diri tunjukkan bahwa Hindu itu ibarat seperti rumput kecil namun ketika pemilik rumput tersebut selalu memberi air selalu menempatkan ditempat yang ada sinar maka rumput tersebut akan selalu tumbuh dan orang lain dapat memandangnya sama halnya ketika dari dalam diri kita selalu berada didalam ajaran agama Hindu selalu mengedepankan kebaikan, tidak selalu merasa atau menganggap dirinya sendiri minoritas ketika diluar lingkungan non-Hindu, selalu memberikan energi positif untuk agama Hindu maka Hindu tersebut dapat selalu berkibar selalu bisa dipandang orang lain. Jadi hilangkan anggapan minoritas untuk agama Hindu itu  berawal dari diri kita sendiri bukan dari orang lain.

Om Santi Santi Santi Om

  • Penulis: Dwi Aryani
  • Penyuluh Agama Hindu Non PNS D.I.Yogyakarta

1 Comment

  1. Om Swastiastu,
    Om Awigenam Astu Namo Sidham.
    Postingan yang sangat bagus sebagai bentuk apresiasi
    yg berkesadaran Tinggi/ yakin dan ELING sbg umat agama HINDU.
    Jika / sesorang merasa diri.kecil, tatkala kita/ sesorang tsb punya pengetahuan,mental, Spiritualnya agak KURANG ,( KEYAKINAN DGN JATI DIRI BELUM MAX ) . Keyakinan tumbuh tatkala ada kesadaran mau BELAJAR.
    Salam Rahayu, saya tidak ada maksud menggurui siapapun, ini hanya sebatas pendapat saya sendiri, jika cocok bersyukur dan kalaupun tidak cocok terima kasih.
    Om Shanti Shanti Shanti Om

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*