DHARMATULA NYEPI TAHAP KEDUA DI D.I.YOGYAKARTA

Bantul-(SHD), Kamis 15 Februari 2018 Panitia Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1940 (2018 M) melaksanakan Dharma Tula di Pura-Pura yang ada di daerah Kota Yogyakarta, Bantul dan Sleman.  Sekitar 10 pura dilaksanakan kegiatan Dharma Tula. Sebelumnya panitia juga sudah melaksanakan kegiatan Dharma Tula di setiap Pura yang ada di daerah Gunungkidul dan Kulonprogo. Kegiatan dharma tula merupakan rangkaian perayaan nyepi tahun baru saka 1940 (2018 M).

Masing-masing petugas memberikan dharma tula sesuai dengan pembagian tugas. 10 pura yang ada di Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta yaitu Pura Jagadnatha Bantul diisi oleh Ketua Panitia dan Tim, Pura vaikhunta Vyomantara  Bantul diisi oleh Ida Bagus Wika Krishna, S. Ag., M.Si dan tim, Pura Widia Dharma Sleman  diisi oleh  Dewa Gede Raka  dan Tim,Pura Dharma Santi Sleman oleh I Made Neso dan tim, Pura Sri Gading Sleman  diisi oleh Siwi suwandari dan tim, Sanggar Pamujan Soman Sleman  oleh Ngakan Ngurah Mahendrajaya dan tim, Pura Eka Dharma Bantul diisi oleh Wayan Senen dan tim, Pura Karanggede Bantul oleh Wagimin dan tim, Pura Daksina Murti Bantul diisi oleh Dwi Winarto dan tim dan Pura Padma Bhuana Kota Yogyakarta diisi oleh Ketut Sandiada dan tim.

Kegiatan dharma tula dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sraddha dan bhakti umat serta mensosialisasikan kegiatan perayaan Nyepi tahun 2018. Setiap menyambut  hari raya Nyepi umat Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan  kegiatan yang banyak, mulai dari kegiatan keagamaan, seni budaya dan sosial kemasyarakatan. Semua kegiatan itu diambil dari ajaran Tri Hita Karana dan sesuai dengan tema memantapkan kerukunan dan persaudaraann sejati.  Secara konseptual, kegiatan yang dilakukan mengandung unsur pelayanan untuk Tuhan, Manusia dan Alam Semesta. Dari semua kegiatan inilah umat Hindu yang ada di Yogyakarta diharapkan meningkatkan bhakti melalui pelayanan untuk semuanya untuk memantapkan kerukunan dan persaudaraan sejati.

Kegiatan dharma tula dilaksanakan pada Senin 29 Januari untuk di daerah Kulon Progo, Rabu 31 Januari di daerah Gunungkidul dan Kamis 15 Pebruari  2018 di daerah Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul. Kegiatan dilakukan dengan menyampaikan ajaran agama dan serangkaian kegiatan perayaan nyepi dilanjutkan dengan diskusi atau pertanyaan, masukan dan tanggapan. Kegiatan dharma tula dilaksanakan mulai pukul 19.00 sampai dengan selesai disetiap pura yang ada di yogyakarta. Diisi atau dimotori oleh panitia Nyepi, Tokoh umat, guru agama dan penyuluh Hindu Yogyakarta. (Mang Santi**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*