DHARMATHULA BERSAMA PEMBIMAS HINDU DIY DI PURA JAGATNATHA

Swarahindu.com, Jumat, 27 Januari 2017, umat Hindu Banguntapan melaksanakan  persembahyangan tilam bersama. Disela –sela acara persembahyangan tersebut, diadakan  acara Dharmatula di Pura Jagatnatha, Banguntopo, Banguntapan, Bantul. kegiatan Dharma tula oleh panitia Nyepi Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan di pura – pura yang berada di Istimewa Yogyakarta.  Dharma tula merupakan kegiatan untuk melakukan temu wicara atau berdiskusi dalam kegiata tersebut yang akan disampaikan adalah beberapa informasi adanya kegiatan agenda Nyepi yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017. Tujuan dari kegiatan tersebut agar peran serta umat Hindu diwilayah Yogyakarta dapat berpartisipasi dalam agenda-agenda tersebut.

Dalam acara tersebut Dharma Tula di sampaikan oleh Bapak Ida BagusWika Krishna, S.Ag, M.Si selaku pembimas Hindu Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta, menyampaikan beberapa hal tentang masalah-masalah yang sudah terjadi dalam beberapa bulan yang lalu dengan adanya kasus-kasus yang menyinggung nama agama. Beliau pembimas Hindu sangat mengharapkan untuk seluruh umat Hindu khususnya agar selalu berperan teguh kepada Pancasila dan menjaga keharmonisan dalam setiap umat beragama. Tentunya umat Hindu selalu diajarkan Tri Kaya Parisudha yang artinya kita harus berfikir yang baik, berkata yang baik berbuat pun yang baik. Dengan menjalankan toleransi, kita sebagai umat Hindu harus selalu menjaga kesatuan Bangsa Negara Indonesia ini agar selalu rukun dan damai.

Oleh karena itu beliau mengajak kita umat sedharma untuk selalu mebakti kepada Ida Sang HyangWidhiWasa, meminta kepada-Nya agar kita umat Hindu selalu diberi kedamaian. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan beberapa rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi mulai dari pelaksanaan  Yoga Masal di plataran candi prambanan, upacarawanakerti, sarasehan, baktisosial, upacara melasti, tawur agung serta catur brata penyepian dan dharma santi.

Harapannya agar kita seluruh umat Hindu Yogyakarta dapat menjalankan ajaran agama Hindu sesuai dengan swadharmanya.(Novi**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*