DHARMA SADHANA PASRAMAN

Prambanan, Pasraman merupakan tempat untuk melaksanakan proses belajar mengajar agama Hindu. Dimana anak – anak Hindu mengenyang pendidikan keagamaan Hindu dipasraman. Tetapi selama pasraman sudah ada namun hanya sekedar teori yang dipindah dari sekolah formal ke non formal. Untuk meningkatkan pendidikan agama bukan hanya teori melainkan dalam tindakan seperti praktek keagamaan. maka Bimas Hindu melaksanakan kegiatan Dharma Sadhana Pasraman. Kegiatan Dharma Sadhana yang dilaksanakan di Hotel Galuh, Jalan Manisrenggo KM1 Tlogo, Prambanan, Yogyakarta. Dengan peserta yang ikut dalam kegiatan Dharma Sadhana adalah 90 orang peserta. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga (3) hari dari tanggal 6 sampai 8 November 2015. Kegiatan Sadhana Pasraman bertujuan untuk membentuk siswa – siswi pasraman yang disiplin dalam menjalankan kewajibannya terhadap agamanya. Membentuk siswa – siswi pasraman yang mandiri dan penuh dedikasi. Meningkatkan kreatifitas pada diri siswa – siswi pasraman dalam mengembangkan bakatnya yang nantinya berguna bagi agama dan negaranya.

IMG_0174 IMG_0226 IMG_0265 IMG_0288 IMG_0388 IMG_0414

Dharma Sadhana artinya realisasi ajaran dharma dalam diri seseorang. Ini dapat dilaksanakan melalui catur yoga marga yakni: Bhakti, Karma, Jnana dan Raja atau Yoga Marga. (a) Bhakti Marga adalah jalan bhakti yang pelaksanaannya diwujudkan dalam bentuk upasana (pemujaan)dan persembahyangan. (b) Karma marga adalah jalan karma yang menitik beratkan pada perbuatan jasa atau amal kebajikan, melakukan sesuatu dengan penuh ketulusaikhlasan atas dasar Dharma. (c) Jnana marga adalah jalan kebijaksanaan pengetahuan. Dalam konteks dharma sadhana dilaksanakan dalam bentuk penimplementasian jnana. (d) Raja marga adalah jalan kebatinan dan kerohanian yang dilakukan dalam bentuk tapa (pengekangan indriya dan tahan derita), brata (ketaatan berpantangan), yoga (menghubungkan diri dengan Tuhan dan menghentikan gerak pikiran), Samadhi (merealisasikan kesadaran atman. Dharma Sadhana berupa latihan-latihan rohani secara sistimatis dan praktis bertujuan untuk membina mengembangkan dan memupuk keluhuran budi pekerti pada para peserta siswa – siswi pasraman tingkat Madya Widya Pasraman dan Utama Widya Pasraman.

IMG_0536 IMG_0554 IMG_0636 IMG_0648 IMG_0858 IMG_1152

Acara kegiatan Dharma Sadhana dihadiri oleh mantan Dirjen Bimas Hindu RI, bapak Prof. Dr. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, M.S, bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si selaku Pembimas Hindu Kanwil Kamenag D.I.Yogyakarta, para narasumber yang akan mengisi pada kegiatan tersebut. acara kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan dimana yang membuka kegiatan Dharma Sadhana Pasraman adalah bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si. Dalam membuka kegiatan tersebut beliau menyampaikan pada peserta bahwa kegiatan Dharma Sadhana yang dilaksanakan di Hotel Galuh, Prambanan tersebut lebih menekankan pada pratek – pratek keagamaan Hindu, yaitu kegiatan yang laksanakan dengan pratek – pratek secara langsung.

IMG_1222 IMG_1273 IMG_1296 IMG_1373 IMG_1486 IMG_1490

Tujuannya agar para peserta dapat meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian pada siswa – siswi pasraman. Dalam kegiatan ini juga, proses pembelajarannya dengan jalan “Upanisad”, yaitu dengan duduk melingkar dekat pada seorang guru untuk menerima ilmu – ilmu dari guru – gurunya. Ini yang disampaikan oleh beliau ketika membuka Dharma Sadhana Pasraman.

IMG_1523 IMG_1529 IMG_1586 IMG_1693 IMG_2199 IMG_2213

Semoga dengan kegiatan Dharma Sadhana Pasraman siswa – siswi dapat meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian untuk agama Hindu yang lebih baik dan maju. Ini menjadi harapan untuk kita karena siswa – siswi pasraman yang akan mewarisi semua pendahulunya. Jayalah Hindu…!!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*