800 ORANG IKUTI PRAMBANAN INTERNATIONAL YOGA DAY

Prambanan-(SHD),Minggu 11 Juni 2017. Hampir ribuan orang ikut dalam kegiatan Prambanan Internasional Day. Prambanan Intenasional Day merupakan pengembangan dari Yoga Bersama Jateng dan DIY. Kegiatan Yoga Bersama Umat Hindu DIY dan Jateng  sudah dua kali dilaksanakan di area Candi Prambanan. Yang pertama dilaksanakan pada tangga 19 Juni 2016 di area Candi Bubrah.

Pelaksana kegiatan Prambanan Internasional Day adalah Panitia Yoga Bersama Jateng dan DIY, kemudian pada tahun ini Panitia melakukan kerja sama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (persero). Kegiatan yang didukung penuh oleh Pembimas Hindu DIY dan Jateng beserta PHDI DIY dan Jateng merupakan suatu kegiatan yang rutin akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan yang berlansung di Garuda Mandala Candi Prambanan  ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Prambanan Internasional Yoga Day yang dilaksanakan sebagai peringatan hari Yoga Dunia dan merupakan salah satu wujud Bhakti umat Hindu kepada Tuhan akan dijadualkan setiap pertengahan Bulan Juni, karena peringatan Yoga jatuh setiap tanggal 21 Juni. Sehingga kegiatan ini diharapkan selain menjadi anggeda tahunan PT. Taman Wisata Candi  di Prambanan, juga merupakan kesempatan bagi Umat Hindu untuk melestarikan ajaran leluhur dan Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi.

Yuli Purnomo ketua panitia Prambanan Internasional  Yoga Day menyampaikan kegiatan ini berlangsung berkat dukungan penuh oleh Pembimas Hindu Jateng dan DIY, Parisada Hindu Dharma Indonesia Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, PT. TWC sehingga kegiatan ini dapat berlansung dengan lancar dan sukses. Tidak lupa juga Yuli menyampaikan banyak terima kasih kepada para sponsor, umat dan pihak-pihak yang telah membantu kegiatan tersebut. Yuli berharap  kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan Prambanan Internasional Yoga Day menjadi salah satu Icon kegiatan tahunan Prambanan dan PT. Taman Wisata  Candi membuka ruang dan mendukung  untuk setiap kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di area Candi Prambanan ungkap Ricky Siahaan dalam sambutannya selaku Direktur Pemasaran dan Pelayanan TWC. Pembimas Hindu Jateng,  Dewa Made Artayasa dalam sambutannya menyampaikan jadikanlah kegiatan Prambanan Internasional Yoga Day ini sebagai menumbuhkan Sradda dan Bhakti umat kepada Tuhan dan menciptakan keharmonisan serta toleransi  dalam berbangsa dan bernegara. Sambutan terakhir adalah Pembimas Hindu DIY Ida Bagus Wika Krishna menyampaikan rasa kebanggaan yang besar karena misi besar untuk memasyarakatkan Yoga sudah mulai memperlihatkan perkembangan yang luarbiasa, Pembimas Hindu DIY berharap, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi Candi Prambanan  dan Umat  seluruh dunia.

Acara inti Prambanan Internasional Yoga Day di pandu oleh instruktur yang dibagi menjadi 5 sesi, sesi yang pertama adalah Doa yang dipimpin oleh Budi Sanyoto dan Sugeng Sapta kemudian sesi yang kedua adalah Peregangan dan Surya Namaskar yang di pandu oleh Suparman dan Sri Murwati kemudian sesi ke tiga dan keempat  adalah gerak Asana tambahan dan relaksasi  yang di pandu oleh Nana dan Tim Yoga First dan yang kelima adalah meditasi yang dipandu oleh Ida Bagus Wika Krishna.

Sekitar pukul 09.30 kegiatan Prambanan Internasional Yoga Day selesai, kemudian dilanjutkan dengan  acara donor darah yang dilaksanakan oleh Peradah DIY bekerja sama dengan PMI di ikuti dengan pembagian doorprize dan hiburan musik  oleh Pujakustik STHD Klaten Jawa Tengah. (Mang Santi**).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*