50 Guru Agama Hindu Mengikuti Orientasi Peningkatan Kompetensi Guru di Malang

Swarahindu.com, Ditengah kian pesatnya perkembangan di dunia pendidikan, yang mana guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam proses belajar mengajar. Sehingga  siswa didiknya menjadi siswa yang cerdas, cermat dan kreatif. Untuk mewujudkan tersebut maka  Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Orientasi Peningkatan Kompetensi Guru Agama Hindu Pada Pasraman Tingkat Dasar dan Menengah Angkatan II dari tanggal 27 – 29 April 2016 di Same Hotel, Malang, Jawa Timur.
Pembimas Hindu Provinsi Jawa Timur, Ida Made Windya mengatakan pendidikan agama dan keagamaan menempati posisi strategis karena spiritnya telah tercantum secara tegas di dalam rumusan sila pertama Pancasila, pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 serta UUD 1945 Pasal 31 Ayat (3) yang menyatakan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
“Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekuang-kurangnya melalui mata pelajaran atau kuliah pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan,” kata Ida Made Windya, Rabu (27/04/2016) di Same Hotel Malang.
Made Windya menambahkan, pendidikan keagamaan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik agar dapat menguasai pengetahuan tentang ajaran agama Hindu. Mereka yang nantinya akan menjadi ahli ilmu agama Hindu diharapkan bisa mengamalkan ajaran agama Hindu melalui pendidikan keagamaan, seperti melalui Pasraman dan Pesantian.

Ref: Bimas Hindu Jawa Timur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*