BIMAS HINDU DIY LAKSANAKAN ORIENTASI INSTRUKTU YOGA

Prambanan-(SHD),Bimas Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta mengawali bulan juni ini dengan menyelenggarakan kegiatan Orientasi Instruktur Yoga Pasraman Agama Hindu. Kegiatan diselenggarakan dari hari Jumat s.d Minggu, 9 s.d 11 Juni 2017 di Hotel Galuh Prambanan, Yogyakarta. Kegiatan Orientasi Instruktur Yoga ini diikuti sejumlah 40 peserta dari masing-masing perwakilan pasraman Agama Hindu yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan “melalui Orientasi Instruktur Yoga Pasraman Agama Hindu, Kita Tumbuhkan Instruktur Pembina Yoga yang Profesional di Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Pembukaan Orientasi  diawali dengan pembacaan vedawakya oleh saudari Vidha Puri Santoso dan Rahayu Fitriyani yang merupakan peserta dalam Orientasi Instruktur Yoga ini. Kemudian, laporan dari ketua panitia penyelenggara acara ini yaitu bapak Ida Bagus Made Suriawan, S.Ag, MM dan dilanjutkan sambutan dari Pembimbing Masyarakat Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta bapak Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si.

Selanjutnya acara Orientasi Instruktur Yoga Pasraman Agama Hindu, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta bapak Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. sebelum membuka kegiatan tersebut, beliau menyampaikan kepada peserta untuk terus meningkatkan kemampuannya atau kompetensi dalam menekuni yoga agar nantinya selesai mengikuti dari kegiatan tersebut peserta dapat mengaplikasikan pada masyarakat, bangsa dan negaranya.

Acara disore harinya dilanjutkan Yoga bersama dihalaman Hotel Galuh Prambanan yang dipimpin langsung oleh Instruktur Yoga yang sudah senior yang ada di Yogyakarta yaitu bapak Suparman, Ibu Murwati, bapak Budi Sanyoto dan Romo Ari Santoso dari Jakarta. Dimana Yoga sore hari itu untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali kepada para peserta gerakan-gerakan Yoga yang akan diuji kompetensikan keesokan harinya.

Gerakan-gerakan yang diajarkan yaitu meliputi Mantra Pembuka Yoga, Nadhi Sudhi, Peregangan, Surya Namaskara, Asanas Tambahasan, Pendinginan, Pemijatan, Meditasi dan Mantra Penutup.

Kegiatan Orientasi Instruktur Yoga Pasraman Agama Hindu pada malam harinya dilanjutkan materi dari 2 Narasumber. Narasumber yang pertama langsung dari Pembimas Hindu DIY bapak Ida Bagus Wika Krishna yang menyampaikan mengenai Asthangga Yoga, yang mana dalam melakukan Yoga tidak hanya semata-mata melekuk-lekukkan badan namun bagaimana kita menjaga keseimbangan dan mengendalikan pikiran kita.

Materi yang kedua mengenai pengenalan 7 Cakra yang ada didalam tubuh manusia dan Pranayama yaitu suatu tehnik untuk mengendalikan dan menghimpun sebanyak mungkin tenaga vital, dimana materi tersebut disampaikan langsung oleh Romo Ari Santoso yang berasal dari Jakarta.

Pada hari Sabtu, 10 Juni 2017 kegiatan dimulai dari pagi yaitu Yoga bersama dan pengelompokan peserta yang mana peserta dibagi menjadi 10 kelompok untuk mempermudah dalam seleksi uji kompetensi Intruktruk Yoga Pasraman Agama Hindu tahap pertama. Dewan Juri pada Uji Kompetensi ini ada 3 yaitu bapak Suparman, Ibu Sri Murwati dan Romo Ari Santoso. Untuk penilaiannya sendiri tidak semata-mata hanya menilai dari peserta yang mampu mengerakan gerakan Yoga dengan tepat namun juga dilihat dari kemampuan untuk menjadi Intruktur Yoga kedepannya. Dalam seleksi Tahap pertama terdapat 24 peserta yang lolos untuk masuk ke tahap kedua dan 16 peserta yang berhenti di tahap pertama. Pada seleksi tahap kedua setiap peserta melakukan beberapa gerakan Yoga Asanas tambahan. Kegiatan Uji Kompetensi Intruktur Yoga Pasraman Agama Hindu berlangsung sampai pukul 15.00 wib.

Kemudian acara  malam harinya yang mendatangkan narasumber dari bapak KS Arsana yang menyampaikan materi mengenai “ The Beauty and Power of SILENCE” yaitu tentang ketenangan ataupun Meditasi.

Pada acara penutupan Orientasi Intruktur Yoga Pasraman Agama Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta, Bimas Hindu Yogyakarta memberikan sertifikat instruktur bagi yang berhasil lulus uji kompetensi instruktur yoga tingkat dasar. Dari 40 peserta yang mengikuti uji kompetensi tersebut hanya 21 orang yang telah lulus uji kompetensi instruktur yoga tingkat dasar. Semoga ke 21 orang tersebut, yang telah lulus dalam uji kompetensi Yoga Tingkat Dasar dapat memberikan sumbangsih kepada umat Hindu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan misi memasyarakatkan gerakan Yoga Asana di D.I.Yogyakarta.(Dwi Ar**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*