20 September 2019; Peringatan Perang Banjar

Sesuai dengan hasil rapat panitia bersama penglingsir-penglingsir Desa Banjar dan beberapa dadia keturunan pemimpin perang Banjar, bersepakat untuk melaksanakan peringatan 151 tahun perang Banjar pada hari Jumat, 20 September 2019. Peringatan ini bertujuan untuk membangun kembali kesadaran publik, secara khusus masyarakat Banjar tentang semangat perjuangan melawan penjajahan.

Menurut ketua panitia, Wika Krishna menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan peringatan pertama sejarah perang Banjar. Sejarah perjuangan yang telah lama terkubur dalam ingatan publik. Tema yang diangkat adalah “Mewarisi Spriti Sura Magadha”, tujuannya agar nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan tersebut terwariskan bagi generasi muda. Nilai persatuan, kecintaan pada bangsa, semangat pengorbanan demi bangsa dan negara, dan kecintaan pada tanah air menjadi pesan nilai yang ingin diwariskan. Tetntu saja spirit ini yang harus dikontekstualisasi oleh generasi penerus bangsa.

Rapat panitia perang Banjar

Peringatan 151 tahun perang Banjar, Buleleng ini akan di pusatkan di jaba tengah Griya Gede Banjar, pada hari Jumat, 20 September 2019, pada jam 19.00. Salahsatu yang menarik dalam agenda kegiatan ini, akan didatangkan beberapa pusaka perang Banjar dan diwangsuh pada saat acara. Intinya untuk mengikat dan menjalin kembali spirit perjuangan para leluhur dengan generasi saat ini secara sekala niskala. (WKSHD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*