10 PURA TERINDAH DI PULAU DEWATA

Pulau Bali sudah sangat identik dengan Pura, oleh sebab itu Bali juga sering disebut sebagai Pulau Seribu Pura. Tidak terhitung berapa banyak pura di Bali dengan jenis dan fungsi masing-masing. Jenis-jenis pura ada beberapa macam antara lain Pura Kahyangan Jagat, Pura Kahyangan  Desa, Pura Swagina dan Pura Kawitan. Pada kali ini, Swara Hindu Dharma akan memberikan informasi kepada anda pura – pura terindah di Pulau Bali. Berikut 10 pura terindah di Pulau Bali:

1.PURA MENJANGAN

menjangan1-1440x957

Pura yang terletak di sebelah barat Taman Nasional Bali Barat ini berada di sebuah pulau dengan luas 175 ha. Sesampainya di sana kita akan disambut oleh megahnya patung Ganesha berwarna putih nan indah dan bangunan-bangunan pura yang berpadupadan dengan alam.Untuk mencapainya kita harus naik perahu bermotor dari lauhan lalang. Nama sebenarnya dari pura ini adalah pura Segara Giri Dharma Kencana. Keberadaan pura ini berkaitan dengan perjalanan Dhang Hyang Siddimantra dan terpisahnya pulau Bali dan Pula Jawa.

2.PURA BUKIT SARI

pura-bukit-sari-3

Pura yang berada di wilayah Badung ini dibangun oleh anak dari raja Mengwi terdahulu yaitu Anak Agung Anglurah Made Karangasem Sakti. Ke eksotisan pura ini bertambah indah dengan adanya kumpulan pohon pala yang berjejer dengan rapi. Jika kesana kita akan selalu ditemani oleh segrombolan 700 ekor kera yang memang berhabitat disana, tempat ini lebih dikenal dengan sangeh.

3.PURA GUNUNG KAWI

PURA-GUNUNG-KAWI

Gunung Kawi terdiri dari dua kosa ata yaitu “gunung” danan “kawi” Gunung  berarti pegunungan atau tempat yang tinggi dan Kawi berarti pahatan, sesuai dengan artinya di Pura Gunung Kawi terdapat pahatan candi di tebing bukit komplek wilayah Gunung Kawi.Pahatan ditebing yang terlihat begitu indah selalu berhasil menarik wisatawan untuk datang kesana, pura ini dikenal sebagai tempat pemujaan roh suci dari Raja Udayana.

4. PURA LEMPUYANG

Travellingbali-temples-Lempuyang-temple

Selain merupakan pura sad kahyangan di Bali pura Luhur Lempuyang merupakan pura tertua di Bali yang kemungkinan dibangun pada abad 9/10 oleh Rsi Markandya. Berada di atas ketinggian 1174mdpl hampir setengan dari Bali akan kita isa lihat dari atas sana, itu yang membuat lokasi pura ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari candi bentar terlihat kita se akan-akan berada di atas langit. Pura ini berada di desa Tista kecamatan Abang, dari Denpasar kira-kira akan menempuh jarak 2 jam. Untuk mencapai pura luhur dari parkiran kita akan menaiki ribuan anak tangga yang jauhnya kurang leibh 7,5 km. Dari atas Pura Lempuyang akan menyajikan pemandangan yang amat luar biasa.

5. PURA ULUWATU

objek-wisata-uluwatu

Masih merupakan salah satu dari pura Sad Kahyangan yang terletak di arah barat daya pulau Bali tepatnya di Desa Pecatu, Kabupaten Badung. Awalnya pura ini diperuntukan sebagai tempat pemujaan seorang pendeta suci dari abad ke-11 Mpu Kuturan yang menurunkan konsep desa Adat, selanjutnya pura ini pada tahun 1550 difungsikan untuk memuja Dhang Hyang Niratha. Berada di ujung pulau Bali di atas ketinggian 97mdpl membuatnya menjadi pura yang memiliki pemandangan yang indah terutama pada sore hari saat matahari tenggelam. Siluet dari meru tumpang telu membuat sunset di sana menjadi lebih eksotis. Biasanya pada hari-hari tertentu akan ada pertunjukan  kecak di Area Pura Uluwatu.

6. PURA TANAH LOT

tanah-lot

Pura Tanah Lot berada di atas batu karang di pinggir laut, itu yang membuat pura ini terlihat dramatis ketika deburan menghantam batu karang penyangga pura Tanah Lot. Tanah Lot berarti Tanah dan lot atau laut. Pura yang dibangun oleh Dhang Hyang Niratha ini melakukan piodalan setiap 210 hari sekali tepatnya pada hari Buda Cemeng Langkir.

7. PURA ULUNDANU BRATAN

4888019635_b638dd93fb_b

Pura terbesar kedua setelah Besakih ini berada dipinggir Danau Beratan, berada di dataran tinggi membuat udara disana sangat sejuk ditambah keanggunan danau Beratan yang menawarkan keindahan tersendiri. Pura yang dibangun pada tahun 1634 M ini diyakini sebagai tempat pemujaan Dewa Trimurti yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa, namun sebenarnya dahulunya pura ini difungsikan untuk memuja Dewa Siwa dan Dewi Parwati oleh sebab itu pura ini sering disebut pura Subak.

8. PURA GIRI PUTRI

Apel-Photography-Pura-Giri-Putri-Nusa-Penida-Caspla-Bali-Boat-2-590x320

Pura di Bali tidak saja ada di Gunung, pantai atau danau, di dalam gua pun ada salah satunya pura Giri Putri. Untuk masuk ke dalam pura memerlukan sedikit perjuangan karena tempat masuknya cukup sempit dan hanya bisa dilewati satu orang saja. Dibanding sebelum tahun 1990-an dimana didalam goa sangat gelap dan licin sekarang kondisi dalam pura sudah sangat bersih dengan penerangan yang cukup dan area yang cukup luas. Untuk menuju kesana dari Denpasar harus menyebrang dari pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida, dan mencari transportasi untuk mengantar ke lokasi pura, tidak susah untuk mencari transportasi disana. Akan mendapat sensasi tersendiri jika bersembahyang ke Pura Giri Putri ini.

9. PURA BATUKARU

Batukaru

Gunung Batukaru adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Bali, dan Pura Batukaru juga dinobatkan sebagai tempat suci kedua. Waktu mengunjungi Pura Batukaru, saya tidak menemukan turis lokal sama sekali. Sesekali orang Barat datang dan saya menikmati Pura yang benar-benar terasa atmosfer spiritualnya. Terletak di tengah hutan, saya sesekali melihat burung yang terbang tanpa khawatir ditangkap. Pura Batukaru ini seolah semesta kecil pulau Bali, yang lengkap dengan puncak meru sebagai lambang gunung dan kolam sebagai simbol samudra.

10. PURA BESAKIH

pura-besakih-from-ubud

Setiap umat Hindu pasti mengetahui pura Besakih, Pura terbesar di Bali ini terletak di Karangasem tepat di kaki Gunung Agung. Besakih bisa dibilang sebagai “The Mother Of Temple” di Bali, karena di sana merupakan tempatnya berkumpul berbagai pura dengan berbagai jenis fungsi dan kawitannya. Jika pas waktu odalan dipastikan jalan sekitar menuju ke Besakih akan macet karena seluruh umat hindu di Bali akan mengunjungi pura untuk bersembahyang. Dengan background Gunung Agung besakih terlihat begitu indah dengan diselimuti kabut tipisnya.

Sebenarnya semua pura di Bali memiliki keindahan dan taksunya sendiri, jangan pernah menghilangkan keindahan pura-pura di Bali, jangan pernah menghilangkan taksu pura di Bali, banggalah menjadi umat Hindu, mari kita jaga bersama.

 

Diambil dari berbagai sumber…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*